AKBP Doni Dilepas di Gedung Dalom Kepaksian Pernong

AKBP Doni Dilepas di Gedung Dalom Kepaksian Pernong

Medialampung.co.id - AKBP Doni Wahyudi, S.Ik., telah dianggap sebagai bagian dari keluarga besar Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak Lampung Kepaksian Pernong. Hal ini membuat pihak kerajaan Paksi Pak Sekala Bekhak menggelar prosesi adat di Gedung Dalom Kepaksian Pernong, Kamis (3/10) dalam rangka pelepasan Doni Wahyudi yang berpindah tugas ke Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk menjalankan tugas baru sebagai Kabag Binkar RO SDM.

Dalam prosesi tersebut, hadir dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., dan Pun Ratu Gurti Komara Dewi mewakili Saibatin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Edward Syah Pernong Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23, Kapolres baru AKBP Rachmad Tri Haryadi, didampingi sejumlah pejabat teras polres Lambar serta para Raja Jukuan Kepaksian Pernong.

Menyampaikan pesan saibatin, Wawan---sapaan Widyatmoko Kurniawan---mengungkapkan, Doni Wahyudi yang menjabat sebagai Kapolres Lambar selama 11 bulan telah dianggap sebagai bagian dari keluarga kerajaan adat Paksi Pak Sekala Bekhak Lampung, karenanya prosesi pelepasan di gedung dalom merupakan suatu ungkapan rasa bangga atas diembannya amanah yang baru sekaligus ucapan terimakasih atas kebersamaan selama ini dalam menjunjung adat istiadat di bumi sekala bekhak.

"Beliau adalah sosok yang mampu berbaur dengan masyarakat adat, dan konsisten dalam mendukung pelestarian adat budaya di Lambar, beliau telah dianggap sebagai keluarga gedung dalom kepaksian pernong, sehingga pelepasan ini tentunya merupakan ucapan terimakasih sekaligus wujud syukur atas jabatan baru yang diterima, dan tentunya silaturahmi kedepan dengan gedung dalom Kepaksian Pernong diharapkan bisa terus terjalin," ungkap Wawan.

Kemudian, kepada Kapolres yang baru AKBP Rachmad Tri Haryadi, pihak gedung dalom menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas sebagai Kapolres Lambar. "Prosesi ini tidak hanya pelepasan kapolres Lama, namun juga penyambutan kapolres yang baru, yang tentunya melalui prosesi ini bapak Rachmad Tri Haryadi telah dianggap sebagai keluarga besar dari gedung dalom kepaksian pernong," imbuhnya.

Sementara itu Doni Wahyudi menyampaikan ucapan termakasih atas segala pemberian, segala kebaikan, sinergi dan kebersamaan, ia menegaskan pada saat ini dan sampai kapanpun, akan tetap menjadi bagian dari gedung dalom kepaksian pernong.

"Ini adalah suatu kebahagian bagi saya, dan pengakuan dari gedung dalom ini sangat luar biasa, kemudian saya dan keluarga semua izin undur diri dari Lambar khususnya dari para khalayak gedung dalom, kami mohon doa restu, yang nantinya kami akan melaksanakan tugas yang baru, dan jika kebetulan ada kegiatan-kegiatan adat di Kalimantan tolong kabari saya, saya akan turut serta," ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Baru Rachmad Haryadi berharap ia diterima sebagai bagian dari keluarga di kepaksian Pernong.

Ia juga mengaku bangga melihat adat dan budaya di Lambar khususnya Kerajaan sekala bekhak yang masih terus dilestarikan. Dari pengalamannya bertugas, belum ada kerajaan yang eksis secara nasional seperti Paksi Pak Sekala Bekhak, karena itu dirinya merasa bangga ditugaskan di Lambar.

"Mohon dukungan dan kerja samanya, sehingga kamtibmas tetap kondusif, dan saya terbuka 1x24 jam jika ada yang ingin menghubungi saya," pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: