Adipati Surya Resmikan Kecamatan Umpu Semenguk

Adipati Surya Resmikan Kecamatan Umpu Semenguk

Medialampung.co.id - Bupati Waykanan Hi. Raden Adipati Surya, SH, MM, meresmikan Kecamatan Umpu Semenguk yang berlokasi di Kampung Negeri Baru tempat berdirinya Rumah Sakit Umum Zainal Abidin Pagaralam dimana Kecamatan Umpu Semenguk sendiri merupakan pecahan dari Kecamatan Blambangan Umpu.

Nampak hadir pada peresmian tersebut Gubernur yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung beserta rombongan, Jajaran Forkopimda serta Instansi Vertikal se-Kabupaten Waykanan, Sekda, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala Badan, Dinas dan Bagian dilingkungan Pemerintah Kabupaten Waykanan, Camat Blambangan Umpu, para Kepala Kampung serta para Tokoh Adat dan Masyarakat.

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Waykanan mengucapkan, selamat atas kehadiran Sekda Provinsi Lampung dan rombongannya, dalam rangka acara peresmian Kecamatan Umpu Semenguk, yang sebelumnya masuk dalam wilayah Kecamatan Blambangan Umpu,” sapa Adipati.

Pada kesempatan itu Adipati Surya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah provinsi Lampung khususnya dan Kementerian Dalam Negeri yang telah memberikan persetujuan administrasi secara lengkap, melalui Surat Mendagri No.138/155/BAK dengan Nomor Registrasi 18.08.15 Tanggal 31 Maret 2020 atas berdirinya Kecamatan Umpu Semenguk.

Adipati juga memaparkan, geografis Kabupaten Waykanan yang terbentuk sejak 21 tahun silam tepatnya tanggal 27 April 1999, hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara.

Saat ini dihuni oleh 410.532 jiwa yang tersebar di 14 (dan menjadi 15 Kecamatan setelah berdirinya Kecamatan Umpu Semenguk red) terdiri dari 221 kampung serta 6 kelurahan, dengan Luas wilayah 3.921,63 Km² atau 11,11%, dari luas wilayah Provinsi Lampung.

“Dengan peresmian Kecamatan Umpu Semenguk, Kabupaten Waykanan telah memiliki 15 Kecamatan. Kita tentu berharap, peresmian kecamatan baru ini bukan saja dapat mendukung percepatan terwujudnya visi Pemerintah Kabupaten Waykanan, tetapi juga berkontribusi bagi keberhasilan pembangunan di Provinsi Lampung dan nawacita pembangunan nasional," tegas Adipati Surya.

Khusus kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Umpu Semenguk, Adipati meminta agar menjadikan momentum tersebut untuk meningkatkan kontribusi terbaik dalam mendukung setiap kebijakan pemerintah.

Bukan saja Pemkab Waykanan, tetapi juga Pemprov Lampung dan Pemerintah Pusat dan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nantinya akan diamanahkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Umpu Semenguk, diharapkan benar-benar dapat memberikan pelayanan terbaik, meskipun baru hari ini diresmikan.

"Kualitasnya tidak boleh kurang sedikit pun dibandingkan kecamatan induk, dengan kata lain keterbatasan sarana dan prasarana maupun personil aparatur tetap. tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," imbuh Adipati Surya.(wk1/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: