8 Bahan Makanan Tahan Lama yang Perlu Disimpan saat Isolasi Covid-19

8 Bahan Makanan Tahan Lama yang Perlu Disimpan saat Isolasi Covid-19

Medialampung.co.id - Saat pandemi corona berlangsung, pemerintah telah menyarankan agar warga tetap berada di rumah dan selalu menjaga jarak. Oleh karena itu, perlu bagi Anda menyimpan berbagai kebutuhan makanan yang tahan lama agar mengurangi intensitas keluar rumah.

Beras

Beras tentu menjadi urutan pertama karena merupakan makanan pokok untuk masyarakat Indonesia. Beras bisa bertahan lama, bahkan berminggu-minggu selagi disimpan di tempat yang benar.

Kentang, Wortel, dan Kol

Beberapa sayuran yang bisa jadi stok yang bertahan lama adalah kentang, wortel, dan kol. Melansir dari Insider, kentang bahkan bisa bertahan berbulan-bulan. Selain kentang, wortel dan kol juga bisa bertahan cukup lama dan tidak mudah busuk.

Makanan Kaleng

Praktis dan awet, makanan kaleng perlu masuk list stok makanan selama pandemi. Melansir dari Today.com, Makanan kaleng baik buah-buahan kering, kacang-kacangan, sayur, hingga olahan ikan biasanya memiliki kadaluarsa hingga satu tahun.

Bumbu

Dalam situasi wabah, bumbu bubuk menjadi pilihan terbaik karena tahan lama dan praktis. Anda bisa menyimpan kemasan bawang goreng, rempah-rempah bubuk, penyedap rasa, gula, garam, dan lain sebagainya.

Sementara itu, bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay, jahe, kunyit, merica, ketumbar juga bisa bertahan lama asal disimpan di tempat kering.

Sediakan pula saus, kecap, cabai bubuk, maupun sambal jika diperlukan.

Makanan Instan

Makanan instan sangat membantu di situasi seperti sekarang. Oleh karena itu, Anda perlu menyimpan mie, sereal, bubur instan, kopi, susu bubuk, dan lain sebagainya. Makanan-makanan instan tersebut bisa bertahan lebih dari satu tahun.

Frozen Food

Frozen food dengan berbagai macam pilihan bisa Anda simpan di kulkas. Selain praktis dan awet, makanan ini biasanya juga disukai oleh anak-anak.

Anda bisa menyimpan bakso, sosis, nuget, dimsum, daging, dan lain sebagainya di freezer Anda.

Telur

Sebagai salah satu sumber protein yang baik, telur bisa Anda simpan dengan waktu yang cukup lama. Selain itu, telur juga bisa diolah menjadi berbagai makanan.

Buah Tahan Lama

Jika ingin buah segar, pastikan Anda menyimpan buah yang tahan lama. Seperti apel, jeruk, pisang, semangka, melon, hingga lemon.

Buah-buah tersebut bisa bertahan lama jika disimpan di tempat yang benar.

Meskipun beberapa makanan di atas bisa tahan lama, Anda juga sebaiknya tidak perlu memborong terlalu banyak untuk menghindari kelangkaan bahan makanan.(suaracom/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: