681 PPS Seluruh Kabupaten Waykanan Resmi Dilantik

681 PPS Seluruh Kabupaten Waykanan Resmi Dilantik

Medialampung.co.id - Tahapan Pilkada di Kabupaten Waykanan kembali berlanjut, hal ini ditansai dengan dilantiknya 681 PPS (Panitia Pemungutan Suara) di 5 lokasi di Kabupaten Waykanan, Senin (15/6).

"Pelantikan PPS ini tertunda dikarenakan anjuran untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sesuai Keputusan KPU No.179/PL.02-KPT/01/KPU/III/2020, dengan pelantikan ini maka tahapan pilkada serentak yang sempat terhenti akan dimulai kembali dengan melihat perkembangan situasi pandemi ini, pemerintah sudah mengambil keputusan untuk menerapkan new normal," Ujar Refky Dharmawan Ketua KPU Waykanan.

Lebih jauh, Refky menjelaskan bahwa pasca rapat antara KPU, Bawaslu, Mendagri dan DKPP. Maka KPU menerbitkan PKPU No.5/2020 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 kembali dilanjutkan.

Pada Pelantikan PPS Kecamatan Blambangan Umpu dan Negeri Agung yang dilaksanakan di Aula KPU Kabupaten Waykanan tersebut Ketua KPU Waykanan menegaskan agar PPS dapat memposisikan diri sebagai pelaksana teknis, bukan pengambil keputusan dalam penyelenggaraan pilkada baik itu sosialisasi, pendataan mata pilih, dan persiapan rekrutmen PPDP, Coklit, Rekapitulasi dll maka PPS harus bersinergi dengan PPK dan berjenjang ke KPU Kabupaten Waykanan.

Pelantikan PPS juga tetap mengutamakan dan memperhatikan protokol kesehatan, selain menggunakan masker, anggota PPS yang dilantik juga menjaga jarak atau physical distancing dan mencuci tangan dengan sabun dengan melibatkan Petugas kesehatan dari Dinkes Waykanan, dan dihadiri oleh pihak Bawaslu, Kapolsek Blambangan Umpu, Dan Danramil.Blambangan Umpu.

Terpisah, Sekretaris KPU Waykanan M. Arifin, S.Sos., menambahkan, Prosesi pelantikan PPS di Waykanan disebar dalam 5 lokasi berbeda, dan dilakukan secara bergelombang atau bergiliran untuk mencegah penyebaran Covid-19, yaitu untuk kecamatan Blambangan Umpu dan Negeri Agung dilaksanakan di Aula KPU Waykanan dipimpin oleh Ketua KPU Refki Dharmawan dibagi 3 gelombang.

Untuk Dapil 2 Kecamatan Way Tuba, Bahuga, Bumi Agung dan Buay Bahuga dilaksanakan di aula STIT Al Hikmah Bumi Agung dipimpin Anggota KPU Doan Endedi dibagi 3 gelombang.

Untuk Dapil 3 kecamatan Pakuan Ratu, Negara Batin dan Negeri Besar dilaksanakan di Aula Kecamatan Negeri Besar dipimpin Anggota KPU Noprisyah Harianto terbagi 3 gelombang.

Untuk Dapil 4 kecamatan Baradatu dan Gunung Labuhan di Aula Kecamatan Baradatu dipimpin Anggota KPU Tri Sudarto dibagi dalam 3 gelombang dan terakhir Dapil 5 kecamatan Banjit, Kasui dan Rebang Tangkas di Aula Kecamatan Banjit dipimpin Anggota KPU I Gede Klipz Darmaja terbagi dalam 3 gelombang.(wk1/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: