30 Petugas Rutan Kotaagung Jalani Rapid Test

30 Petugas Rutan Kotaagung Jalani Rapid Test

Medialampung.co.id - Para Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B   Kotaagung, Kamis (9/7) menjalani  Rapid Test  COVID-19. Kegiatan berlangsung di Aula rutan setempat. 

Kepala Rutan Kotaagung, Akhmad Sobirin Sholeh mengatakan, Rapid Test bagi petugas Rutan pada hari itu terlaksana atas  koordinasi yang baik antara pihak rutan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus dan Puskesmas Kotaagung.    

“Dinas Kesehatan Tanggamus menugaskan 5 orang Tim Medis untuk melakukan Rapid Test,” kata Karutan didampingi Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Tanggamus, Basri dan Kepala Puskesmas Kotaagung dr. Benson P.G.

Sobirin menerangkan, Rutan merupakan wilayah rentan terhadap penyebaran COVID-19, sehingga deteksi dini penyebaran COVID-19 perlu dilakukan sebagai upaya antisipasi menularnya virus tersebut ke warga binaan. 

Sobirin menegaskan, jajarannya siap melaksanakan protokol yang ditetapkan demi menjaga keamanan dan kenyamanan bersama dalam bertugas.

Screening dimulai dengan mendata seluruh petugas untuk di cek suhu tubuhnya, kemudian tim medis mengambil sampel darah petugas untuk dites.     

Hasilnya, sebanyak 30 Petugas dinyatakan non reaktif atau negatif. Sedangkan sisanya sebanyak 5 orang tidak dites karena sedang dinas luar.     

“Alhamdulillah, dengan mengetahui hasil ini Petugas Rutan Kotaagung tidak lagi was-was dalam bekerja. Namun tetap saya ingatkan untuk menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Dan untuk petugas yang belum bisa ditest hari ini, segera akan dijadwalkan tes ulang setelah kembali berdinas langsung ke Puskesmas Kotaagung,” Pungkas Sobirin.

Sementara Kabid Pelayanan Kesehatan,  Basri mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, Taufik Hidayat mengatakan, menyambut baik Rapid Test pada hari itu. 

Langkah-langkah preventif memang sudah seharusnya dilakukan dengan cepat. Terlebih, Rutan Kotaagung memang berada dalam wilayah kerja Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Tanggamus yang diharapkan bisa steril dari wabah ini.(rls/ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: