24 Pekon Belum Salurkan BLT-DD di Pringsewu

24 Pekon Belum Salurkan BLT-DD di Pringsewu

Medialampung.co.id - Dari 126 pekon di kabupaten Pringsewu masih ada 24 pekon yang belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD)  untuk bulan April. 

"Sudah 102 pekon yang menyalurkan BLT-DD tahun 2020 untuk bulan April sebesar Rp 600 ribu per KK," terang Kabid Pemerintahan, Pembangunan, Keuangan dan Aset Pekon pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu, Tri Haryono.

Meski tak menyebut nama pekonnya, namun ia mengatakan Pekon yang lain masih dalam proses terkendala pencetakan buku rekening di BRI.

"Targetnya bulan ini selesai,"  beber Tri.

Penyaluran BLT-DD  bekerjasama dengan BRI yakni non tunai. Dananya ditransfer langsung ke rekening kelompok penerima manfaat (KPM).

"Pemerintah Pekon yang mendata menetapkan siapa saja warga yang berhak mendapatkan BLT-DD," terangnya. 

Sementara itu untuk penyaluran BLT-DD bulan Mei di Kabupaten Pringsewu  baru 10 Pekon. Sedangkan penyaluran BLT-DD di bulan Juni masih dalam proses pencairan menggunakan dana desa tahap ketiga. 

"Agak lambat proses penyaluran ada kendala di pekon dalam melakukan pendataan penerima BLT ditemukan ganda, Karena sudah mendapatkan bantuan BPNT dan BST dari Kemensos. Sehingga pekon harus kembali merevisi KPM," beber Tri.

 Adapun Total BLT-DD sebesar  Rp 39,2 Milyar, sebesar 600 ribu / per KK disalurkan selama Tiga bulan terhitung April, Mei dan Juni . Untuk BLT-DD  berlanjut  di bulan Juli, Agustus September  besarannya hanya Rp 300 ribu per KK. (sag/rnn/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: