2022, Argomulyo Prioritaskan Pembangunan Jalan dan Pangan Mandiri 

2022, Argomulyo Prioritaskan Pembangunan Jalan dan Pangan Mandiri 

Medialampung.co.id - Pembangunan jalan usaha tani, jalan lingkungan dan program pangan mandiri menjadi usulan prioritas pada rencana kerja pemerintah (RKP) Pekon Argomulyo, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat dalam program pembangunan yang akan tertuang dalam APBP tahun 2022 mendatang.

Setidaknya ada beberapa titik akses jalan yang akan ditingkatkan, untuk menunjang kemudahan aktivitas masyarakat baik di lingkungan pekon maupun dalam usaha bertani dan berkebun.

Peratin Argomulyo Harjan menuturkan, kembali diprioritaskannya peningkatan infrastruktur jalan ini merupakan komitmen pemerintah pekon untuk mempermudah mobilitas masyarakat dalam membangun usaha di sektor perkebunan, karena wilayah tersebut merupakan sentra penghasil kopi.

“Sesuai dengan kebutuhan, pemanfaatan dana desa tahun depan masih diprioritaskan untuk pembangunan jalan yang tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata dia, Minggu (19/8).

Sebab, terusnya, melalui kucuran anggaran dana desa yang bergulir sejak beberapa tahun lalu, telah mampu menyokong peningkatan hasil produksi perkebunan dengan tersedianya akses jalan yang memadai.

“Sehingga bagi kami perguliran alokasi dana desa ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. terutama mendukung ketersediaan infrastruktur dasar di tingkat pekon,” imbuhnya.

Disisi lain, ia menambahkan bahwa, dengan memanfaatkan potensi wilayah tahun 2022 mendatang, pihaknya akan mendukung penerapan program pangan mandiri melalui pengadaan bibit komoditi tanaman pangan yang akan dianggarkan melalui bidang pemberdayaan.

“Program pangan mandiri ini menjadi bagian dari implementasi pelaksanaan program pangan mandiri ini sesuai instruksi Bupati Lambar Parosil Mabsus melalui Surat Edaran Nomor: 060/331/III.9/2020 tentang himbauan pelaksanaan program pangan mandiri untuk mendukung penyediaan pangan di masa pandemi Covid-19,” bebernya.

Menurutnya , program pangan mandiri ini pemerintah pekon dan masyarakat menjadi pondasi untuk mewujudkan ketahanan pangan minimal untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.“Lewat program ini pemerintah pekon akan membagikan berbagai jenis bibit tanaman pangan untuk masyarakat agar dapat ditanam dengan memanfaatkan lahan kosong yang belum terkelola dengan maksimal,” imbuhnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: