Langganan Macet, Pemprov Lampung Upayakan Pelebaran Ruas Jalan Lempasing-Mutun

Langganan Macet, Pemprov Lampung Upayakan Pelebaran Ruas Jalan Lempasing-Mutun

Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung, Febrizal Levi Sukmana--

Medialampung.disway.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan melakukan pelebaran jalan ruas Lempasing-Mutun sepanjang 8 kilometer pada tahun 2023 mendatang. 

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung, Febrizal Levi Sukmana, mengungkapkan jika ruas tersebut perlu dilakukan pelebaran lantaran kerap terjadi kemacetan menuju sejumlah objek wisata apalagi saat memasuki musim liburan. 

"Sebetulnya yang butuh pelebaran jalan itu ruas Lempasing-Padang Cermin tapi kita fokus dari Lempasing-Ketapang atau yang paling penting lagi Lempasing-Mutun karena ini ruas menuju tempat wisata," kata Levi saat dimintai keterangan, Jum'at (3/6).

Lanjutnya, berdasarkan survei lapangan jalan milik provinsi yang menghubungkan Kota Bandarlampung dan Kabupaten Pesawaran tersebut lalu lintas harian rata-rata (LHR) cukup tinggi sehingga kapasitas daya dukung jalan perlu ditingkatkan. 

"Setelah kita lakukan survei dan pengamatan langsung memang pada hari libur seperti Sabtu dan Minggu atau libur hari raya besar keagamaan selalu macet. Sehingga kapasitas daya dukung jalan perlu ditingkatkan," terangnya. 

Menurutnya, pelebaran jalan yang rencananya akan dilakukan tersebut kurang lebih panjangnya mencapai 8 milimeter dengan lebar 1 meter dari sisi kanan dan 1 meter dari sisi kiri. 

"Insyaallah nanti di anggaran perubahan atau tahun anggaran 2023. Semoga bisa sampai 1 meter kiri 1 meter kanan atau paling tidak setengah meter kiri dan setengah meter kanan. Jumlah anggaran yang dibutuhkan sedang dalam kajian dan detail desain," jelasnya. 

Sementara dikonfirmasi terpisah Yusmu Adi, warga Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, berharap agar Pemerintah Provinsi Lampung segera melakukan pelebaran jalan khususnya dari Lempasing hingga Ketapang. 

"Harapannya pemerintah daerah dapat melakukan pelebaran jalan dari Lempasing-Ketapang karena setiap hari libur datang selalu terjadi kemacetan. Jalannya sangat kecil untuk dilalui bus-bus yang besar," pungkasnya.(ded/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: