Tahun Ini, Program Ambulans Hebat Dipastikan Tuntas

Tahun Ini, Program Ambulans Hebat Dipastikan Tuntas

--

Medialampung.co.id - Seluruh kecamatan di Kabupaten Lampung Barat tahun anggaran 2022 ini dipastikan memiliki armada ambulans hebat. 

Jika sebelumnya, Kecamatan Sumberjaya dan Kecamatan Airhitam masih memanfaatkan armada Ambulans keliling maka tahun ini dua armada ambulans hebat akan mulai dioperasionalkan di dua kecamatan tersebut.

Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) pada Dinkes Lambar Ruspan Ali, SKM., mendampingi Kepala Dinkes dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengungkapkan, untuk pengadaan ambulans hebat di seluruh kecamatan telah telah dimulai sejak beberapa tahun lalu, dan terakhir untuk dua kecamatan yakni Kecamatan Sumberjaya dan Airhitam yang dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lambar tahun anggaran 2022.

"Dari 15 kecamatan sejauh ini Kecamatan Sumberjaya dan Airhitam masih memanfaatkan armada Pusling untuk Ambulans hebat, dan baru bisa dianggarkan tahun anggaran 2022 ini yang insha Allah secepatnya sudah bisa dioperasionalkan di dua kecamatan tersebut," ungkap Ruspan Ali, Rabu (1/6).

Mengingat ambulans hebat disesaign khusus dan dilengkapi sejumlah peralatan pendukung, kata Ruspan, maka pihaknya menyerahkan kepada pihak karoseri, dan setelah nantinya proses di karoseri selesai maka selanjutnya akan diserahkan kepada pengelola ambulans hebat di dua kecamatan tersebut.

"Jadi setelah proses pengadaan dua unit armada tersebut selesai, kami serahkan kepada pihak Karoseri karena banyak bagian-bagian yang harus dirubah, termasuk penambahan peralatan pendukungnya, semoga proses di karoseri bisa segera selesai sehingga bisa segera diserahkan kepada petugas ambulans hebat di dua kecamatan tersebut," kata Ruspan.

Seperti diketahui, pelayanan Ambulans Hebat 24 jam melayani masyarakat Lambar yang membutuhkan pelayanan kegawatdaruratan dan atau pelayanan kesehatan secara gratis. 

Hal ini untuk mewujudkan salah satu program Lampung Barat hebat yaitu pelayanan masyarakat sehat melalui peningkatan sarana dan prasarana puskesmas dan rumah sakit daerah.

 

Ambulans Hebat merupakan wujud pelayanan paripurna kesehatan Lambar. Hal ini dilatarbelakangi oleh jumlah sarana transportasi umum dan ambulans terbatas terhadap warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan sehingga pelayanan kesehatan dapat diberikan secara tepat dan optimal. (nop/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: