Muslimat NU Inisiasi Pembentukan Rukun Kematian Kampung

Muslimat NU Inisiasi Pembentukan Rukun Kematian Kampung

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

Medialampung.co.id - Muslimah NU Kampung Way Tuba Kecamatan Gunung Labuhan malam tadi menggelar pengajian pembentukan ranting muslimat NU Kampung Way Tuba dan Rukun Kematian Kampung. 

Pada pengajian yang digelar di Masjid Al Furqon Dusun 4 Kampung Way Tuba Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Waykanan yang dihadiri pula oleh BPK Perwakilan Wilayah Abdullah, dan Dewi, Sekdes Andi Saputra, dan Kadus Dusun 4 Ansori tersebut Rusman, S.Sos kepala kampung setempat menyatakan dukungannya atas semua kegiatan masyarakat yang bertujuan untuk kemaslahatan umat. 

"Pengajian seperti ini sangat penting bagi kita sebagai pengingat juga untuk memupuk rohani kita dan yang lebih penting lagi bahwa ini merupakan ajang kita bersilaturahmi sesama warga kerabat ataupun keluarga melalui pengajian ini pula beberapa persoalan di masyarakat dapat kita atasi bersama,” ujar Rusman. 

Masih menurut Rusman bahwa perkembangan kehidupan masyarakat saat ini semakin pesat, dan terus memiliki tingkat kesibukan yang tinggi sehingga dipandang perlu dibentuk Rukun Kematian dengan harapan adanya Rukun Kematian yang nantinya dapat membantu meringankan beban bagi keluarga yang mengalami musibah kematian, mulai proses pengurusan jenazah dan pemakaman serta administrasi yang dibutuhkan dapat berjalan dengan lancar.

"Rukun Kematian adalah merupakan organisasi sosial masyarakat kampung.Terutama untuk pengurusan jenazah, agar dapat mempermudah pengurusannya termasuk mungkin pendanaannya. 

Dimana Dana dalam pelaksanaannya didapat melalui iuran anggota dan atau masyarakat yang sifatnya dari dan untuk masyarakat, kegunaannya diprioritaskan untuk pengurusan jenazah.

“Mulai dari kain kafan sampai santunan untuk keluarga yang terkena musibah, perawatan dan pengadaan peralatan serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan Rukun Kematian. Sedangkan pertanggungjawaban penggunaan dana dilaksanakan oleh Pengurus Rukun Kematian," terang Rusman. 

 

"Rukun Kematian ini semacam arisan duka, dimana masyarakat yang ikut akan diwajibkan membayar iuran yang telah disepakati dalam setiap bulan. Dengan program arisan duka ini diharapkan bisa membantu masyarakat yang lagi berduka mulai dari persiapan pemakamannya sampai selesai," imbuhnya.(sah/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: