Meski Terasa Kuat, Pasca Gempa Tanggamus Tidak Ada Dampak di Pesbar

Meski Terasa Kuat, Pasca Gempa Tanggamus Tidak Ada Dampak di Pesbar

--

Medialampung.co.id - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,4 yang mengguncang Tanggamus, pada Selasa (31/5) pukul 14.10 WIB, getarannya terasa kuat hingga wilayah Kabupaten Pesisir Barat. 

Meski begitu hingga kini belum ada informasi dampak akibat gempa bumi tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesbar, Mirza Sahri, mengatakan, berdasarkan informasi dari BMKG bahwa gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,3. 

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,18° LS, 104,11° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 49 Km arah Selatan Bangkunat, Kabupaten Pesbar pada kedalaman 63 kilometer, tidak berpotensi tsunami.

"Dalam informasi BMKG juga menjelaskan bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," katanya.

Dijelaskannya, dengan terjadinya gempa bumi ini masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat juga diharapkan untuk berkoordinasi dengan pihak Pekon dan Kecamatan jika terjadi adanya kerusakan bangunan rumah akibat gempa bumi tersebut. 

“Mudah-mudahan tidak ada dampaknya, karena sejauh ini juga belum ada laporan mengenai dampak akibat gempa bumi tersebut,” harapnya.

 

"Kita juga berharap agar masyarakat tidak panik, terlebih wilayah Pesbar ini juga merupakan salah satu wilayah yang rentan terjadi gempa bumi," pungkasnya.(yan/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: