Hari Ini, Pemkot Bandarlampung Bayarkan Gaji Petugas Kebersihan

Hari Ini, Pemkot Bandarlampung Bayarkan Gaji Petugas Kebersihan

Plt Kepala BPKAD Kota Bandarlampung M. Ramdhan--

Medialampung.co.id - Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandarlampung M. Ramdhan berjanji akan melunasi tunggakan pembayaran gaji petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). 

Ramdhan menuturkan bahwa pembayaran tunggakan 1 bulan gaji para petugas kebersihan yang belum dibayarkan tersebut akan diselesaikan hari ini, Senin (30/5). 

"Hari ini dilunasi. Jadi selesai urusan DLH," ungkapnya saat diwawancarai awak media di ruang kerjanya, Senin (30/5)

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa uang untuk pembayaran gaji itu sebenarnya ada. Namun, masih keperluan mendesak lain yang akhirnya terpaksa menunda sementara pembayaran gaji tersebut.  

"Artinya, uang nya ada. Tetapi kan nggak bisa semua mau difokuskan ke 1 satu titik. Karena, kebutuhan yang lain juga mendesak juga. Tapi memang, konsennya bunda (Walikota) kan pengennya semua tetep diperhatikan," jelasnya. 

Ramdhan juga menyampaikan bahwa dari semua Dinas baru DLH yang pembayaran gaji nya selesai. Sedangkan yang lain juga ingin segera diselesaikan. 

"Tapi kan kembali lagi ke keuangan kita. Semua kita selesaikan, yang lain juga coba kita angsur dan selesai. Intinya bukannya kita nggak mau bayar, tapi bertahap dan berproses," ujar Ramdan

Disinggung terkait berapa besaran anggaran yang  harus digelontorkan untuk DLH, menurutnya dalam 1 bulan saja sebesar Rp.2 Miliar. 

"DLH itu sekitar hampir Rp.2 Miliar, untuk 200 orang pekerja dalam satu bulan. Nah, untuk yang dibilang menunggak itu kita sudah bayarkan 1 bulan Rp. 2 miliar dan sekarang Rp. 2 miliar lagi, jadi total sekitar Rp.4 miliar dalam 2 bulan," jelasnya.

Selain itu, terkait penundaan yang terjadi ia pun mengakui hal itu. 

"Memang kita akui, bunda sempat meminta untuk dibayar semua. Tetapi dengan pertimbangan beliau akhirnya ditunda dulu yang sebulannya. Namun, hari ini 30 Mei kita bayar," tandasnya 

Sebelumnya, Gabungan Solidaritas Rakyat Bandarlampung menggelar aksi unjuk rasa di Tugu Adipura, Jalan Diponegoro, Minggu (29/5) sore.

Gabungan peserta aksi terdiri dari para petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandarlampung, P2KBL, LMND-DN, Prima, SKAAP, Lantang, SRMI dan SMI. Aksi unjuk rasa itu menuntut gaji para pekerja petugas kebersihan dinas lingkungan hidup yang belum dibayar.

Salah satu koordinasi aksi mengatakan mereka menyadari bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung terbebani hutang di beberapa sektor.

"Kami tahu pemkot banyak hutang di beberapa satuan kerja, tetapi kami mohon hal itu tidak dibebankan kepada petugas kebersihan," tegasnya.

 

Selain menuntut gaji yang belum dibayar, pihaknya juga meminta agar tunggakan BPJS segera dilunasi.(*/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: