Paguyuban Pasundan Kabupaten Pesbar Gelar Halal Bihalal

Paguyuban Pasundan Kabupaten Pesbar Gelar Halal Bihalal

--

Medialampung.co.id - Paguyuban Pasundan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar kegiatan Halal Bihalal yang dipusatkan di Krui Wave Resto, Pekon Walur, Kecamatan Krui Selatan, Jumat (20/5).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Pesbar Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Dewan Pembina Paguyuban Pasundan Kabupaten Pesbar Hj.Septi Istiqlal, Ketua Paguyuban Pasundan Kabupaten Pesbar Ir. Setiawan Permana, Ketua Paguyuban Pasundan Provinsi Lampung Prof. Dr. Ir. Ra Bustami Rosadi, Ms., masyarakat Pasundan yang ada di Pesbar serta tamu undangan terkait lainnya.

Ketua Paguyuban Pasundan Cabang Kabupaten Pesbar, Setiawan Permana, dalam sambutannya menyampaikan, Paguyuban Pasundan di Kabupaten Pesbar ini berdiri tahun 2019 lalu dan pada tahun yang sama Paguyuban ini juga mengikuti Festival Lampung Sunda ke-V di Kabupaten Pesawaran untuk berpartisipasi.

"Dalam festival tersebut Alhamdulillah Paguyuban Pasundan ini mendapatkan juara di cabang Solosong," katanya.

Dijelaskannya, keberadaan Paguyuban ini jatuh bangun untuk mengikuti pertemuan-pertemuan yang diadakan oleh Paguyuban wilayah Provinsi maupun Pusat di Bandung. Dan pada tahun 2021 bertemu dengan Dewan Pendamping Paguyuban Pasundan Pesbar yakni Septi Istiqlal.

"Saya sangat berterimakasih dan bersyukur karena mendapat sport serta dukungan untuk bisa mengikuti Festival Lampung Sunda ke-VI yang diadakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat," jelasnya.

Lanjutnya, dalam kegiatan Festival Lampung Sunda ke-VI itu peserta lomba asal Paguyuban Pasundan Kabupaten Pesbar ini mendapat cukup banyak prestasi yang diraih dari beberapa perlombaan antara lain Rampak Sekar, Silat Lampung, Pencak Silat dan Solosong. 

Sementara itu, untuk kegiatan Festival Lampung Sunda ke-VII tahun 2023 rencana akan dilaksanakan di Kabupaten Pesbar sebagai tuan rumah.

"Untuk itu kita berharap dukungan dari Pemkab setempat, karena kita akui masih banyak kelemahan dan kekurangan di Paguyuban ini tanpa adanya dukungan dari Pemkab setempat," ujarnya.

Masih kata dia, dalam acara Halal Bihalal yang mengusung tema “Kebersamaan itu Indah dan Keinginan itu Perjuangan, mari Kita Wujudkan dengan Kemampuan serta Keikhlasan Kita Miliki”, ini tentu diharapkan ada keinginan bersama yang tulus dari diri kita serta ada kemauan berjuang untuk kebaikan Paguyuban Pasundan Pesbar ini.

"Sehingga mampu untuk ikut berperan serta dan berkontribusi dalam mendukung pembangunan dan kemajuan di Kabupaten Pesbar," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pesbar, Agus Istiqlal, dalam sambutannya menyampaikan dirinya cukup berbangga warga Sunda tersebar di seluruh Indonesia seperti halnya yang ada di kabupaten Pesbar ini dapat hidup rukun berdampingan dengan masyarakat pribumi Lampung Pesisir Barat ini serta suku lainnya. 

Harmonisasi seperti inilah yang akan menjadi salah satu pilar penting dalam kerangka kehidupan bermasyarakat berbingkai Bhineka Tunggal Ika.

Saat berada di Kota Bandung, dari mulai kuliah sampai bekerja di Kota Bandung, memang Paguyuban Pasundan ini sudah ada, jadi tidak heran dan pihaknya juga sudah tahu seluk beluk Paguyuban Pasundan.

"Karena itu kita berharap Paguyuban Pasundan di Kabupaten Pesbar ini bisa terus semakin solid, selain itu juga kepada seluruh elemen masyarakat Pesbar yang memang memiliki kemajemukan dalam artian masyarakatnya heterogen dapat terus bersatu membangun Negeri Para Sai Batin dan Ulama ini," pungkasnya.(yan/mlo) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: