Personil Polsek Sumberjaya Gencar Mendata Hewan Ternak Warga

Personil Polsek Sumberjaya Gencar Mendata Hewan Ternak Warga

--

Medialampung.co.id - Personil Bhabinkamtibmas Polsek Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melaksanakan kegiatan pendataan hewan ternak berkaki empat jenis Sapi dan Kambing secara menyeluruh di wilayah hukum polsek setempat meliputi Kecamatan Sumberjaya, Kebuntebu, Gedungsurian, Airhitam dan Waytenong. 

Kapolsek Sumberjaya Ery Hafri, S.H, M.H., mendampingi Kapolres Lambar AKBP Hadi Saeful Rahman, S.I.K., Melalui Kanit Binmas Ipda Hilman K. mengatakan, pendataan hewan ternak warga, diantaranya untuk mengetahui spesifik jumlah ternak yang ada baik sapi maupun kambing dan siapa pemiliknya.

Hal itu bertujuan, diantaranya sebagai bentuk antisipasi atau upaya pencegahan dini terkait sedang merebaknya Penyakit. Mulut dan Kuku (PMK) atau Foot And Mouth Disease (FMD) yang merupakan penyakit hewan menular di daerah Pulau Jawa khususnya. 

"Tugas kami hanya melakukan pendataan ternak milik masyarakat, mulai dari jenis, jumlah dan pemiliknya," terang pihaknya.

Sehingga kata dia jika nanti diperlukan terkait data-data tersebut sudah ada dan sudah diketahui dimana saja titik lokasinya di setia pemukiman masyarakat. 

Pada kesempatan itu Hilman menyebutkan terkait ranah seperti apa dan bagaimana penyebaran terkait PMK pada hewan ternak tersebut tentu secara teknis petugas berkompeten bidang kesehatan hewan yang lebih tahu. 

 

Hanya saja berdasarkan hasil pengecekan yang telah dilaksanakan semua hewan ternak warga dalam kondisi sehat. Dan terkait itu imbauan yang diberikan adalah dengan pemilik tetap mengupayakan menjaga kesehatan ternak masing-masing, seperti pemberian asupan makanan yang sesuai, dan menjaga kebersihan ternak maupun kadang. (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: