Sukseskan BIAN, Puskesmas Airhitam Gelar Sosialisasi

Sukseskan BIAN, Puskesmas Airhitam Gelar Sosialisasi

--

Medialampung.co.id - UPT Puskemas Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar Sosialisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Balai Rakyat Pekon Sumberalam, Rabu (18/5).

Sosialisasi tersebut diberikan kepada seluruh peratin, Kepala Sekolah (Kepsek) dari tingkat PAUD, RA/TK dan SD/MI serta kader posyandu pekon,

Yang juga dihadiri dihadiri langsung Camat Andy Chahyadi, S.H., M.A., Danramil Sumberjaya dan Kapolsek Sumberjaya di wakili Babinsa, Babinkamtibmas, Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kantor Urusan Agama (KUA) 

Kepala Puskesmas Nurbaiti, S.Kep., mengatakan, dilaksanakannya BIAN oleh pemerintah, diantaranya untuk memberikan imunisasi yang lengkap kepada anak khususnya dari usia 9 bulan hingga 11 tahun.

Lantaran di masa terjadi pandemi Covid-19 terhitung 2020 dan 2021 banyak anak diusia tersebut tidak tercover dalam imunisasi karena adanya pembatasan perkumpulan (keramaian) untuk mencegah penularan virus corona. 

"Untuk memberikan kekebalan tubuh kepada anak-anak pemerintah memberlakukan BIAN, yang pelaksanaannya imunisasinya Tanggal 24 Mei hingga Juni mendatang," tegasnya.

Dan untuk mensukseskan BIAN tersebut pihak puskesmas melibatkan Lintas Sektoral (Linsek) mulai dari peran serta camat, peratin, LHP, KUA Korwil Disdikbud, kader posyandu dan lainnya. 

Dengan akan menyiapkan 40 Pos Imunisasi, terbagi di Lima Belas Posyandu, Sepuluh SD, dan Sepuluh RA dan Lima tempat umum lainnya. 

"Untuk sukseskan BIAN ini kita libatkan semua linsek, termasuk KUA untuk memberikan kepastian dengan warga bahwa vaksin yang diberikan halal," tandas Nurbaiti. 

Terpisah disampaikan Camat Andy Chahyadi, berharap dalam BIAN tersebut, semua dapat saling membantu, untuk kesuksesannya, karena tujuannya selain upaya dalam meningkatkan kekebalan tubuh, juga upaya mencegah terjadinya kasus stunting. 

Ditempat yang sama ditambahkan Peratin Sumberalam Husain, peran kepada sekolah, peratin dan jajaran aparat sangat diperlukan dalam mendorong tunas bangsa diberikan vaksinasi.

"Harapan kita dalam BIAN ini di Kecamatan Airhitam khususnya dapat meraih hasil 100% untuk kesehatan masa depan bangsa," tandasnya. (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: