Fitur Traction Control di Motor: Perlukah untuk Harian?

Fitur Traction Control di Motor: Perlukah untuk Harian?

Fitur canggih TCS kini tak cuma ada di motor gede--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dunia otomotif roda dua terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur canggih yang awalnya hanya tersedia di motor besar (big bike).

Salah satu teknologi yang mulai banyak ditemukan di motor kelas menengah bahkan skutik premium adalah Traction Control System (TCS). 

Namun, muncul pertanyaan penting di benak pengendara harian apakah fitur ini benar-benar dibutuhkan untuk motor yang digunakan sehari-hari?

Traction Control System (TCS) adalah fitur keselamatan elektronik yang dirancang untuk mencegah ban belakang selip saat terjadi akselerasi berlebih, terutama di permukaan licin seperti jalan basah atau berpasir.

BACA JUGA:Tampil Stylish dan Eksklusif: 5 Rekomendasi Jam Tangan Otomatis Tanpa Baterai

Cara kerjanya sederhana sensor akan membaca perbedaan kecepatan antara roda depan dan belakang. 

Jika sistem mendeteksi roda belakang berputar lebih cepat (tanda selip), maka ECU (Electronic Control Unit) akan mengurangi tenaga mesin secara otomatis untuk mengembalikan traksi roda.

TCS awalnya digunakan di dunia balap dan motor sport berperforma tinggi untuk menjaga stabilitas saat keluar tikungan atau akselerasi ekstrem.

Namun kini, beberapa pabrikan mulai menghadirkannya di motor harian seperti:

BACA JUGA:Harley-Davidson LiveWire: Ketika Cruiser Legendaris Menjadi Motor Listrik

- Yamaha NMAX 155 Connected ABS

- Honda PCX 160 ABS

- Suzuki Avenis 125 (varian tertinggi di pasar luar)

- Yamaha XMAX dan Aerox 155 Connected

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: