Satu Dekade Shopee Berdayakan UMKM, Catatkan Penjualan Lebih dari USD 270 M di Platform Secara Global
Transformasi ekonomi digital lewat Shopee dorong UMKM raih penjualan US$270 miliar secara global dalam satu dekade--
Akses pasar yang luas tentu harus dibarengi dengan kompetensi yang memadai agar bisnis dapat berkelanjutan.
Shopee menyadari hal ini dengan menyediakan berbagai sumber edukasi untuk meningkatkan keterampilan digital dan kepercayaan diri para mitranya.
Melalui program Shopee University atau yang lebih dikenal sebagai Kampus Shopee, jutaan penjual telah mendapatkan bekal ilmu yang berharga. Hingga saat ini, tercatat lebih dari 7,6 juta penjual UMKM telah berpartisipasi aktif dalam program edukasi tersebut.
Kurikulum yang ditawarkan pun sangat komprehensif dan relevan dengan kebutuhan pasar saat ini. Terdapat lebih dari 1.500 modul pembelajaran daring yang bisa diakses kapan saja, serta pelatihan langsung yang telah diselenggarakan di 318 kota yang tersebar di Asia Tenggara dan Taiwan.
Upaya ini memastikan bahwa tidak ada penjual yang tertinggal dalam revolusi digital, terlepas dari latar belakang pendidikan atau lokasi tempat tinggal mereka.
Terence Pang, selaku Chief Operating Officer Shopee memberikan pandangannya mengenai perjalanan satu dekade ini:
“Satu dekade terakhir telah menjadi masa penuh perubahan besar, dimana ekonomi digital telah membuka peluang baru bagi masyarakat dan pelaku usaha di berbagai wilayah. Kami sangat berterima kasih kepada komunitas penjual UMKM kami, termasuk penjual yang mengawali perjalanan online mereka bersama kami sejak sepuluh tahun lalu, dan terus bermitra dengan Shopee seiring dengan perkembangan bisnis mereka untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar melalui e-commerce,” kataTerence Pang.
Inovasi Fitur Interaktif Tingkatkan Penjualan
Lanskap digital yang terus berubah menuntut adaptasi yang cepat, dan para penjual UMKM telah menunjukkan kemampuan mereka dalam memanfaatkan fitur-fitur terkini. Penggunaan fitur konten seperti Shopee Live dan Shopee Video menjadi salah satu strategi jitu untuk menjangkau pembeli dengan cara yang lebih personal dan interaktif. Tidak dapat dipungkiri, interaksi langsung memberikan rasa percaya yang lebih tinggi bagi calon pembeli.
Dampak dari penggunaan fitur interaktif ini sangat signifikan terhadap performa bisnis. Sejak diluncurkan, para penjual UMKM mencatatkan rata-rata peningkatan pesanan hingga lebih dari 300% di Shopee Live setiap tahunnya.
Lonjakan ini membuktikan bahwa pengalaman belanja yang menghibur dan komunikatif mampu mendorong konversi penjualan yang jauh lebih tinggi dibandingkan metode konvensional semata.
Strategi Pemasaran Afiliasi dan Ekspansi Global
Bagi penjual yang mungkin belum memiliki tim pemasaran khusus atau keahlian mendalam di bidang marketing, ekosistem ini menawarkan solusi melalui Shopee Affiliate Marketing Solutions (AMS).
Program ini memungkinkan penjual untuk berkolaborasi dengan ribuan konten kreator terpercaya serta Key Opinion Leaders (KOL) untuk mempromosikan produk mereka.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:





