Honda CB650R: Naked Sport Menawan dengan Performa Empat Silinder

Rabu 02-07-2025,08:33 WIB
Reporter : Krisna Jeri
Editor : Budi Setiawan
Honda CB650R: Naked Sport Menawan dengan Performa Empat Silinder

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Di tengah persaingan sengit di segmen motor sport naked kelas menengah, Honda CB650R hadir sebagai pilihan yang menggabungkan performa, desain bergaya Neo Sports Café, serta kenyamanan berkendara harian. 

Motor ini menjadi jembatan antara motor sport berperforma tinggi dan kebutuhan pengguna urban yang ingin tampil beda tanpa mengorbankan kenyamanan.

Honda CB650R membawa DNA desain Neo Sports Café, yang memadukan elemen klasik dan modern. 

Lampu depan bulat LED menjadi ciri khas, dipadukan dengan bodi kompak dan garis tegas yang mempertegas karakter agresif namun elegan.

BACA JUGA:Aprilia RS 125 GP Replica: Sensasi Motor Balap Grand Prix dalam Format 125cc

Tangki bahan bakar yang berotot serta posisi duduk yang ergonomis memberikan kesan macho namun tetap bersahabat untuk digunakan sehari-hari maupun touring jarak menengah.

Daya tarik utama CB650R terletak pada mesinnya. Ditenagai oleh mesin 649cc 4-silinder segaris DOHC berpendingin cairan, motor ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 94 HP pada 12.000 rpm dan torsi 63 Nm pada 8.500 rpm. 

Ini menjadikannya salah satu motor naked 650cc dengan suara dan karakter mesin paling memikat di kelasnya.

Akselerasi halus namun bertenaga terasa kuat sejak putaran bawah hingga atas, cocok untuk pengendara yang menginginkan sensasi sport tanpa harus menunggangi superbike.

BACA JUGA:Honda CT125: Bebek Petualang yang Tangguh, Retro, dan Siap Libas Segala Medan

CB650R dilengkapi dengan fitur-fitur modern yang mendukung performa dan keamanan:

  •  Assist/Slipper Clutch, untuk perpindahan gigi yang lebih halus dan mengurangi efek engine brake berlebih.
  •  Honda Selectable Torque Control (HSTC), kontrol traksi yang dapat dinonaktifkan sesuai preferensi.
  •  Panel LCD Digital yang informatif dengan indikator gear position, shift-up light, dan lainnya.
  •  Sistem Pengereman ABS Dual-Channel dengan cakram ganda di depan (310 mm) dan cakram tunggal di belakang (240 mm).

Suspensi depan menggunakan Showa SFF-BP (Separate Function Fork - Big Piston) USD 41 mm, memberikan kestabilan dan kenyamanan dalam berbagai kondisi jalan.

Meskipun terlihat seperti motor sport murni, CB650R tetap mempertahankan posisi berkendara yang nyaman. Stang yang sedikit tinggi dan jok yang tidak terlalu tinggi (sekitar 810 mm) membuatnya ramah untuk pengendara dengan postur tubuh rata-rata.

BACA JUGA:Ducati Multistrada V4: Motor Adventure Premium dengan Teknologi Radar Pertama di Dunia

Beratnya sekitar 206 kg dalam kondisi siap jalan, masih tergolong ringan untuk motor dengan mesin 4 silinder, menjadikannya gesit di perkotaan maupun saat menikung tajam di jalan pegunungan.

Kategori :