Pemkab Lampung Selatan Salurkan Insentif Tahap I ke 5.097 Guru Honorer

Senin 01-04-2024,18:03 WIB
Editor : Budi Setiawan

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 5.097 guru honorer di jenjang PAUD, TK, SD, dan SMP Negeri, guru inklusi, guru kepulauan, serta operator sekolah di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan menerima Bantuan Insentif Guru Honorer Tahap I. 

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto kepada perwakilan guru honorer di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat, pada Senin (1 April 2024).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan, Asep Jamhur, merinci insentif yang diberikan, yaitu: Rp600 ribu untuk guru honorer PAUD, Rp900 ribu untuk guru TK, Rp900 ribu untuk guru SD, Rp900 ribu untuk guru SMP, Rp3 juta untuk guru kepulauan PNS, Rp4,5 juta untuk guru kepulauan non-PNS, Rp600 ribu untuk guru inklusif, dan Rp450 ribu untuk operator sekolah.

“Hari ini bapak ibu tinggal menunggu suara rekening bapak ibu. Insya Allah hari ini sudah mulai disalurkan,” ujar Asep Jamhur.

Ia menjelaskan bahwa total anggaran yang disalurkan untuk insentif guru honorer tersebut sebesar Rp3.855.750.000. 

"Semoga insentif yang disalurkan secara simbolis pada hari ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para penerima,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto berbicara tentang tantangan pendidikan di era digitalisasi yang semakin berat dan menantang. 

Nanang berharap para guru dapat berkomitmen dan bersungguh-sungguh dalam mencerdaskan serta mempersiapkan peserta didik.

“Saya berharap kita semua memiliki tanggung jawab besar dalam mencetak generasi emas, harapan masa depan kita. Infrastruktur yang baik harus diimbangi dengan indeks pembangunan manusia (IPM) yang berkualitas,” ujar Nanang.

Bupati Nanang juga berpesan agar para guru dapat memberikan contoh yang baik, terutama dalam hal kedisiplinan. 

Salah satu contoh sederhana adalah mematikan handphone saat jam pelajaran berlangsung, sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar. 

“Kedisiplinan dimulai dari kita sendiri. Ketika kita bisa mencontohkan disiplin, maka kita juga mampu mendisiplinkan murid-murid kita,” pesan Nanang. *

Kategori :