Masyarakat Batubrak Berharap Pemkab Lambar Kabulkan Aspirasi dalam Musrenbang 

Senin 21-02-2022,17:07 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – Hari ke-12 Pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2023 dilaksanakan di Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat bertempat di Pasar Pekon balak, Senin (21/2). 

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Parosil Mabsus, didampingi Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dapil 2, Asisten dan Kepala Perangkat Daerah (PD), Uspika Kecamatan Batubrak, Peratin, LHP, para calon peratin serta para tokoh adat serta seluruh lapisan masyarakat setempat. 

Seperti biasa, pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Batu Brak tersebut didukung dengan adanya pameran produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan dan UMKM serta diwarnai dengan berbagai program pelayanan mulai dari pelayanan Administrasi Kependudukan, pembuatan kartu pencari kerja (kartu kuning), Izin UMKM, izin urusan kesehatan, program pelayanan Keluarga Berencana (KB), pelayanan Vaksinasi Covid-19 dan cek golongan darah, pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan ternak serta pelayanan perpustakaan keliling.

Pada acara tersebut, Parosil secara simbolis melakukan penyerahan dana untuk Kecamatan Batubrak serta Dana Desa (DD) untuk 11 Pekon.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan biaya penyelenggaraan Pendidikan Merata (PM) dan sarana prasarana pendidikan, Penyerahan bantuan alat perkebunan dan bantuan bibit tanaman buah serta penyerahan bantuan kursi roda kepada masyarakat penyandang disabilitas.

Diawali dengan sambutan tokoh masyarakat Kecamatan Batubrak, Hi. Safruddin, menyampaikan selamat datang kepada Bupati Lampung Barat dan Wakil Bupati Lampung Barat beserta rombongan yang telah hadir untuk bersama-sama mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kecamatan Batubrak.

“Kami berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati beserta Tim Musrenbang Kabupaten untuk dapat mengakomodir seluruh usulan-usulan dan harapan masyarakat. Apabila bisa dilaksanakan pada tahun ini kami masyarakat mengucapkan terimakasih, dan apabila belum bisa dilaksanakan tahun ini kami mohon dijadikan program untuk tahun berikutnya,” ucapnya.

Disisi lain, lanjut dia, dalam mensejahterakan masyarakat salah satu potensi yang dimiliki wilayah itu adalah perkebunan kopi yang tersebar merata di seluruh Kecamatan Batubrak dan berkat aroma harum dan wanginya kopi tersebut telah menarik perhatian Presiden RI Bapak Joko Widodo untuk berencana melaksanakan panen raya kopi di kecamatan itu tahun ini.

“Kami sangat antusias sekali menyambut rencana kedatangan bapak presiden ke Lambar khususnya ke Kecamatan Batubrak ini, semoga bisa terwujud karena beragam potensi ini akan menjadi modal membangun dan memakmurkan masyarakat Lampung Barat,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Lambar Parosil Mabsus menyampaikan bahwa pada Musrenbang tahun ini, dirinya turun langsung tanpa ada pembagian-pembagian tim, karena ia ingin mengukur indikator keberhasilan di bawah kepemimpinan dirinya bersama wakil Bupati Mad Hasnurin, mulai dari pergerakan di bidang pertanian, perkebunan, kebudayaan, pergerakan di bidang sosial, di bidang keagamaan dan bidang-bidang lainnya.

“Namun yang harus kita ketahui bersama bahwa yang namanya usulan perencanaan pembangunan ini banyak, tetapi banyaknya usulan ini tidak terjamin bisa masuk semua. Karena kita membangun menggunakan skala prioritas untuk itu bagi yang belum terealisasi tentunya kita mengharapkan dukungan bersama terutama peran dari peratin dalam mengoptimalkan dana desa karena dengan adanya sinergitas maka upaya untuk mewujudkan lampung barat hebat dan sejahtera bukan hal yang mustahil,” imbuhnya.(edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait