Mahasiswa Asal Pekon Turgak Jadi Lulusan Tercepat di UNY 

Selasa 29-06-2021,17:51 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – Rasa syukur dan bangga diungkapkan oleh Masyarakat Pekon Turgak, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat. Dimana, salah satu mahasiswa asal pekon tersebut berhasil mengharumkan nama Kabupaten Lampung Barat setelah berhasil menjadi mahasiswa yang tercepat dalam menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dia adalah Andri Bangsawan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) asal pemangku Penengahan, Pekon Turgak, Kecamatan Belalau. Dari total 1.133 wisudawan dan wisudawati yang dinyatakan lulus, Andri Bangsawan menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana (S1) hanya dalam kurun waktu 3 tahun 6 bulan, dengan IPK Cumlaude 3,88. 

Keberhasilan dari seorang anak petani tersebut menjadi kebanggaan Kabupaten Lambar terutama bagi masyarakat dan jajaran pemerintah Pekon Turgak, seperti yang diungkapkan Peratin Turgak Ichwan, Selasa (29/6). 

“Atas nama masyarakat dan jajaran pemerintah Pekon Turgak kami menyampaikan rasa syukur dan bangga karena telah mengharumkan nama kabupaten Lambar dan secara khusus Pekon Turgak Kecamatan Belalau di dunia pendidikan. Semoga ini bisa mengangkat derajat ekonomi keluarga, bermanfaat bagi negara dan agama serta tetap semangat dan tetap rendah hati,” ungkap Ichwan. 

Dijelaskannya, Andri merupakan anak pertama dari tiga bersaudara yang berasal keluarga petani sederhana. Ayahnya bernama Amsir dan ibunya almarhumah Rohaida yang wafat saat Andri masih berusia 15 tahun. 

“Apa yang dicapai oleh adinda Andri ini tentu bukan sesuatu yang mudah, dibutuhkan semangat, kerja keras dan disiplin. Untuk itu apa yang apa yang diraih ini semoga bisa menjadi motivasi bagi generasi muda khususnya di Pekon Turgak dan secara umum di kabupaten lambar untuk tetap semangat dan memiliki prinsip bahwa siapapun memiliki peluang yang sama,” kata dia.

Seperti diketahui, dikutip dari krjogja.com Andri Bangsawan yang berasal dari prodi Ilmu Keolahragaan ini berhasil menempuh pendidikan S1 hanya dalam waktu 3 tahun 6 bulan. Menurut pria kelahiran Turgak Lampung Barat, 28 Januari 1998 tersebut, untuk bisa lulus dalam waktu singkat strategi yang diambil adalah menyelesaikan tugas tepat waktu.

Alumni SMA N 1 Belalau tersebut selalu disiplin dan memiliki manajemen waktu yang baik serta skala prioritas dan tujuan yang jelas dalam melakukan sesuatu. “Saya selalu tepat waktu dalam mengikuti kelas dan selalu memberikan yang terbaik jika mendapat penugasan yang diberikan oleh dosen,” katanya.

Dalam kesehariannya, dari pagi sampai siang, Andri mengisi kegiatan untuk kuliah. Sedangkan di sela waktu kuliah pada sore atau malam hari, kegiatannya diisi dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan atau mengerjakan proyek penelitian bersama-sama dengan dosen atau pun dengan sesama mahasiswa lainnya.

Sejak SD hingga SMA, andri selalu mendapatkan juara umum dalam setiap jenjang pendidikan. Dia menamatkan sekolah di SMAN 1 Belalau, Lampung Barat pada 2017. Semasa SMA Andri memiliki beberapa prestasi tingkat regional dan nasional yang akhirnya mengantarkannya mewakili Kabupaten Lampung Barat dalam mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi melalui program beasiswa pendidikan tinggi bagi daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). 

Harapannya, dia akan menimba ilmu sebanyak-banyaknya dan kembali mengabdi untuk kemajuan daerah asal. Pada bidang akademik dia mencatatkan beberapa prestasi nasional pada bidang penulisan karya tulis ilmiah dan program pengabdian masyarakat. Beberapa prestasi tersebut mengantarkannya untuk meraih penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi UNY tahun 2020 dan 2021.(edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait