Lambar Bakal Dapat Bantuan 200.000 Batang Bibit Kopi

Senin 07-03-2022,16:35 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id -  Kabupaten Lambar tahun ini  akan mendapatkan bantuan bibit tanaman kopi unggul sebanyak 200.000 batang dari pemerintah pusat melalui Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Medan.

“Tahun ini Lambar hanya mendapatkan bantuan sebanyak 200 ribu batang bibit tanaman kopi yang akan ditanam di lahan seluas 200 hektar melalui kegiatan peremajaan tanam kopi bersumber dari APBN tahun 2022,” kata Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Yudha Setiawan, S.I.P, Senin (7/3).

Terkait bantuan bibit tanaman kopi ini, lanjut Sumarlin,  Disbunnak Kabupaten Lambar rencananya akan mengajukan 42 kelompok tani (Poktan) kepada Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Medan.

“Kita akan mengajukan 42 kelompok tani kepada Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan dan nanti mereka akan melakukan verifikasi serta menentukan kelompok tani yang berhak menerima bantuan bibit melalui program peremajaan tanaman kopi,” kata dia.

Selain itu, kata Sumarlin, Kabupaten Lambar tahun ini juga akan mendapatkan kegiatan pembesaran benih kopi nursery di Pekon Batukebayan Kecamatan Batuketulis sebanyak 20.000 batang.

“Jadi nanti benih kopi ini tinggal siap salur yang peruntukannya menyesuaikan,” ujar dia

Masih kata dia, program peremajaan tanaman kopi tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan produksi kopi, karena sampai saat ini masih ada lahan perkebunan kopi yang belum dilakukan peremajaan sementara kondisi tanamanya sudah tua.

“Dengan adanya kegiatan peremajaan, kita berharap produksi kopi robusta terus mengalami peningkatan sehingga penghasilan petani meningkat,” tutupnya.(lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait