Kotabesi Jadi Duta Kecamatan Batubrak dalam Ajang EPP 2022

Rabu 16-03-2022,16:07 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – Pekon Kotabesi, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat menjadi duta dari kecamatan setempat dalam ajang lomba Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP) tahun 2022. 

Kegiatan puncak atau proses penilaian berlangsung pada Rabu (16/3). Kedatangan tim penilai kabupaten dari sejumlah OPD terkait yang dipimpin oleh Ketua Tim Penilai sekaligus Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon pada DPMP Lambar Desmon Irawan, S.T., disambut oleh Camat Batubrak Sutian beserta sejumlah unsur pimpinan kecamatan (Uspika), Peratin Kotabesi Gunawan, unsur TNI-Polri serta para tokoh adat dan tokoh masyarakat di wilayah setempat.

Peratin Kotabesi Gunawan menyambut hangat kedatangan para tim penilai, seraya mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak mulai dari jajaran aparatur pemerintahan pekon, kecamatan serta seluruh kader dan masyarakat dalam mensukseskan agenda tahunan Pemkab Lambar ini sehingga berjalan lancar dan sukses sesuai harapan.

“Terimakasih atas pembinaan yang diberikan oleh semua pihak serta dukungan masyarakat dalam penilaian EPP, yang terpenting dari kegiatan ini adalah bisa memberikan dampak positif untuk perkembangan dan kemajuan pekon,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Desmon Irawan, S.T, mengungkapkan bahwa kegiatan EPP yang menjadi agenda tahunan pemkab lambar digelar untuk melihat tahapan dan capaian keberhasilan dalam perkembangan pekon setiap tahunnya. 

“Penilaian ini meliputi tiga bidang yakni pertama, evaluasi bidang pemerintahan pekon yang meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat serta pekon berbasis teknologi informasi atau E-Goverment dan pelestarian adat dan budaya,” jelasnya. 

Selanjutnya kedua, evaluasi bidang kewilayahan pekon, meliputi aspek, identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta peraturan investasi. 

Terakhir, atau Bidang ketiga yakni bidang kemasyarakatan pekon yang meliputi aspek partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan terakhir peningkatan kapasitas masyarakat. 

“EPP yang kita laksanakan ini merupakan suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan puncaknya di tingkat nasional,” paparnya.

Dengan demikian, kata dia, EPP ini menjadi sarana evaluasi perkembangan pembangunan atau usaha pemerintah dan pemerintah daerah bersama masyarakat pekon yang juga menjadi kegiatan pembangunan pekon yang dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan swadaya gotong royong bersama masyarakat.

“Karena itu kami mengimbau berharap seluruh stakeholder di pekon berperan aktif dalam segala aspek kegiatan dan program untuk mewujudkan Kabupaten Lampung Barat Yang Hebat dan Sejahtera, salah satunya keseriusan kita dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaraan EPP,” pintanya.(edi)

Tags :
Kategori :

Terkait