Kabupaten Lambar Kekurangan PLKB

Jumat 11-02-2022,15:19 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Kabupaten Lampung Barat hingga kini masih kekurangan Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

Kabid KB dan KS Heli Puspitawati, S.E., mendampingi Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) M Danang Harisuseno, S.Ag, M.H, mengungkapkan, jumlah PLKB yang ada saat ini masih belum ideal karena hanya 15 orang penyuluh, sementara di Kabupaten Lambar ada 131 pekon plus lima kelurahan.

“Jumlah petugas penyuluh keluarga berencana di Lampung Barat hanya 15 orang dan seluruhnya berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Idealnya satu pekon satu petugas penyuluh, jadi masih banyak kekurangan,” kata Heli, Jumat (11/2) 

Dikatakannya, di Kabupaten Lambar ada 131 pekon dan lima kelurahan, sementara petugas PLKB hanya 15 orang dan ditempatkan di 15 kecamatan. 

“Untuk mengatasi kekurangan penyuluh KB, kita telah merekrut kader pembantu pembina keluarga berencana desa (PPKBD) dan sub PPKBD di setiap pekon. Jadi tugas mereka membantu petugas PLKB untuk melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat di tingkat pekon,” ucapnya

Seraya menambahkan, untuk mengatasi kekurangan, pihaknya sudah pernah mengusulkan untuk penambahan pegawai penyuluh berstatus PNS kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat melalui kantor perwakilan BKKBN Provinsi Lampung. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait