Pilratin Serentak 2022, Polres Lambar Terjunkan 310 Personel Gabungan

Selasa 15-02-2022,15:06 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Kepolisian Resort (Polres) Lampung Barat, menggelar simulasi pengamanan Pemilihan Peratin (Pilratin) serentak tahun 2022, dengan melibatkan puluhan personel kepolisian yang digelar di lapangan Pemkab Lambar, Selasa (15/2).

Simulasi pengamanan tersebut dipimpin langsung tersebut, Kapolres AKBP Hadi Saepul Rahman, SIK., dan sejumlah pejabat teras polres setempat, dan juga disaksikan oleh Ketua DPRD Lambar Edi Novial, S.Kom., dan Plt. Sekkab Lambar Drs. Adi Utama, serta sejumlah camat. 

Kepada awak media, Hadi Saepul Rahman mengatakan, ada empat skenario situasi yang dilakukan pada saat pelaksanaan Pilratin, mulai dari situasi aman hingga situasi terburuk pada saat pemilihan.

Karena itu, simulasi pengamanan dilakukan agar petugas yang dilibatkan dalam pengamanan Pilratin mengetahui apa saja yang harus dilakukan apabila terjadi suatu hal seperti perampasan kotak suara serta masyarakat yang tidak puas dengan hasil pemilihan.

"Pertama, situasi hijau dimana pelaksanaan Pilratin ini berjalan sesuai dengan aturan, yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, kemudian tahapan-tahapan nya dilaksanakan. Kedua, situasi kuning yaitu situasi adanya pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh masyarakat, nantinya petugas yang ada di TPS baik dari Linmas, TNI-Polri akan memberikan teguran, memberikan masker kepada masyarakat lalu diminta menjaga jarak serta mencuci tangan,” ungkapnya.

Lalu, situasi orange dimana terjadi keributan di TPS yang disebabkan oleh adanya permasalahan pada saat penghitungan suara sehingga diperlukan pengamanan dari unsur Linmas dan TNI-Polri. 

Kemudian terakhir, situasi merah dimana akibat dari Pilratin mengarah pada konflik sosial, kemudian bagaimana cara mengatasi agar tidak menimbulkan hal-hal yang lebih buruk terjadi pada pelaksanaan Pilratin tersebut.

”Berdasarkan hasil perhitungan kerawanan, kami akan menerjunkan sebanyak 250 personel dari Polri dan 60 personel dari satuan Brimob pada saat pelaksanaan Pilratin serentak. Kami juga telah berkoordinasi dengan kapolda agar polres sekitar Lambar seperti Polres Waykanan, Lampung Utara dan Tanggamus untuk membantu back-up rayonisasi apabila terjadi eskalasi yang meningkat," bebernya, seraya berharap pelaksanaan Pilratin serentak bisa berjalan aman, tertib, lancar dan tidak ada hal-hal menonjol yang menyebabkan konflik masyarakat serta pelanggaran lainnya seperti tahun-tahun lalu. (nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait