Sukses Capai Berbagai Program, Kankemenag Lambar Siap Wujudkan Transformasi Pelayanan Publik

Selasa 28-12-2021,17:58 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id -Dipenghujung tahun 2021, berbagai capaian dan program prioritas telah dicanangkan dan diwujudkan oleh jajaran Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Lampung Barat. 

Seluruh program yang diwujudkan tidak lain untuk mendukung peningkatan pelayanan publik, seperti Program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang diterapkan dalam rangka memberikan akses pelayanan cepat dan tepat di era digitalisasi saat ini.

Kemudian, Kankemenag Lambar juga memberikan kemudahan dalam mengakses pelayanan izin operasional Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) yang dilakukan secara online. Penerapan teknologi ini tentunya untuk peningkatan kualitas layanan yang dilakukan Kankemenag Lambar. 

Selain itu, di Sektor Pendidikan Madrasah, Kankemenag Lambar juga konsen dalam upaya mendukung penghijauan lingkungan Madrasah. Hal itu terlihat dengan diraihnya penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi Lampung tahun 2021 oleh MIN 2 Lambar.

Tak hanya itu, sejumlah capaian prestasi juga ditorehkan oleh para siswa dan siswi madrasah baik di tingkat kabupaten maupun Provinsi Lampung, mulai dari juara pada Musabaqah Tilawah dan Tahfidz Qur’an Madrasah (MT2QM), Kompetisi Sains Madrasah (KSM) serta berbagai prestasi di bidang pendidikan lainnya.

[caption id="attachment_188280" align="aligncenter" width="1280"] Bupati Lambar Parosil Mabsus bersama Wakil Bupati Mad Hasnurin dan Kepala Kantor Kemenag Lambar Maryan Hasan menghadiri pengajian akbar memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar MAN 1 Lambar.[/caption] [caption id="attachment_188282" align="aligncenter" width="600"] Kepala Kankemenag Lambar Maryan Hasan (dua dari kiri) saat menerima penghargaan dari KPPN Liwa atas pelaksanaan anggaran Tahun 2020 dan 2021.[/caption] Disisi lain, pada sektor pembangunan, Kankemenag Lambar meningkatkan berbagai fasilitas dan sarana-prasarana pendukung pelayanan. Mulai dari pembangunan gedung Kankemenag Lambar yang dibangun dengan konsep untuk memenuhi standar pelayanan publik.

Termasuk, meningkatkan pelayanan kantor urusan agama (KUA) yang sejalan dengan program Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yakni Revitalisasi KUA untuk memberikan layanan keagamaan yang lebih mudah diakses, kredibel, dan transparan. Pada program ini, Kemenag meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sekaligus membangun fasilitas gedung salah satunya di Kecamatan Air Hitam dengan dukungan anggaran dari Pemkab Lambar.

Hal lain yang tidak dapat diabaikan adalah sinergitas dengan berbagai lembaga lain dalam menopang kedamaian umat. Seperti dengan FKUB, Kankemenag Lambar turut membantu terwujudnya kerukunan umat beragama. Tahun 2021 ini telah dicanangkan Kampung Sadar Kerukunan di Pekon Srimenanti Kecamatan Air Hitam yang ditandai dengan dibangunnya Tugu Kerukunan. Bahkan, indeks kerukunan Kabupaten Lampung Barat lebih tinggi dari rata-rata indeks kerukunan nasional.

[caption id="attachment_188285" align="aligncenter" width="1040"] Kepala Kankemenag Lambar Maryan Hasan didampingi Kasubbag TU Miftahus Surur saat meninjau pembanguna gedung Kantor Kemenag Lambar.[/caption] [caption id="attachment_188286" align="aligncenter" width="1000"] Kepala Kanwil Kemenag Lampung Juanda Naim bersama Bupati Parosil Mabsus dan Kepala Kankemenag Lambar Maryan Hasan beserta unsur Forkompinda saat meresmikan Tugu KUB di Pekon Srimenanti Kecamatan Airhitam.[/caption] Dalam pengelolaan anggaran, Kankemenag Lambar telah meraih tiga penghargaan sekaligus yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Liwa atas pelaksanaan anggaran tahun 2020 dan 2021.

Tiga piagam tersebut yakni peringkat pertama sebagai satker dengan nilai indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) terbaik tahun 2020 untuk kategori pagu besar (Diatas 6 miliar) dan pagu kecil (500 juta - 3 miliar) serta peringkat kedua satker dengan nilai IKPA terbaik semester 1 Tahun 2021 untuk kategori pagu sedang (3-6 miliar).

Kepala Kantor Kemenag Lambar Maryan Hasan, S.Ag, M.Pd.I, didampingi Kasubbag TU Miftahus Surur, S.Ag, M.Si, mengungkapkan, dari berbagai program yang telah dicapai, maka di tahun 2022 mendatang Kemenag Lambar siap menyongsong dan melaksanakan transformasi pelayanan publik.

[caption id="attachment_188283" align="aligncenter" width="1280"] Penyerahan sejumlah bantuan (CSR) untuk lembaga pendidikan di bawah naungan Kankemenag lambar[/caption] “Kedepan Kementerian Agama akan terus berupaya mengembangkan sistem pelayanan yang terbaik, sebagai bentuk transformasi pelayanan publik dan salah satu yang akan kami lakukan adalah memberikan pelayanan haji keliling. Sehingga masyarakat bisa mendapat layanan haji tanpa harus datang ke Kemenag. Komitmen ini sesuai dengan tema HAB kita Tahun 2022 adalah Transformasi Layanan Umat,” ungkapnya.

Dijelaskannya, serapan anggaran tahun 2021 khususnya di Jajaran Kankemenag Lambar telah mencapai 98 persen, dari serapan itu telah memberikan kemudahan layanan mulai dari menunjang kinerja para guru, menunjang prestasi siswa serta berbagai program kegiatan yang telah dicapai.

“Dari seluruh capaian yang ada, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh jajaran ASN Kemenag agar tetap semangat dan terus meningkatkan kinerja untuk melayani masyarakat,” pungkasnya. (adv/edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait