Sudah Dua Bulan Lebih Kasus Covid-19 di Lambar Nihil

Kamis 06-01-2022,15:21 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – Sudah lebih dari dua bulan terakhir, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Lampung Barat nihil. Ini menjadi pertanda, bahwa pandemi Covid-19 sudah mulai mereda. 

Kendati begitu, masyarakat harus tetap waspada adanya lonjakan kembali, terlebih munculnya varian Omicron yang sudah mulai memasuki Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengatakan, tidak ada penambahan kasus Covid-19 dalam kurun waktu dua bulan terakhir, tidak adanya penambahan kasus Covid-19 menempatkan Lambar di level I Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

”Alhamdulillah, untuk penambahan kasus terkonfirmasi sudah dua bulan terakhir nihil, tetapi masyarakat jangan beruforia terlebih dahulu, harus tetap mematuhi protokol kesehatan, apalagi ada Omicron yang sudah ditemukan masuk di Indonesia,” ungkap Wawan---sapaan Widyatmoko Kurniawan.

Dikatakannya, sebagai upaya mengantisipasi terjadi lonjakan kembali kasus Covid-19 pihaknya masih terus menggencarkan testing, dengan mendatangi sekolah-sekolah dalam dua minggu sekali, sekaligus sebagai bahan evaluasi pelaksanaan Pendidikan Tatap Muka (PTM) di sekolah dan sejauh ini hasilnya tidak ditemukan adanya siswa yang terkonfirmasi Covid-19.

”Setiap dua minggu sekali kami lakukan testing ke sekolah, hasilnya Alhamdulillah tidak ditemukan adanya siswa yang terkonfirmasi Covid-19, semoga kedepannya tetap aman sehingga PTM di sekolah tidak terhambat,” kata dia.

Selanjutnya, dalam rangka mengantisipasi lonjakan kembali kasus Covid-19, pihaknya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat bekerjasama, khususnya dalam mengawasi orang yang baru dari luar negeri, serta melapor segera kepada petugas kesehatan ketika ada warga di sekitar tempat tinggalnya yang menunjukkan gejala Covid-19. 

”Kalau ada saudara kita yang baru pulang dari luar negeri agar diminta untuk jangan dulu berinteraksi dengan warga lainnya dan aparat pekon harus meminta untuk melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu, hal ini penting untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 terlebih lagi varian Omicron, selanjutnya jika ada warga yang sakit dan bergejala mengarah ke Covid-19 agar segera dilaporkan ke petugas kesehatan agar bisa dilakukan pengecekan untuk memastikan apakah terpapar Covid-19 atau tidak,” pungkasnya. (nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait