Peratin Sanan Sampaikan Program Bidang Ketahanan Pangan 

Senin 07-03-2022,20:20 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Melalui program Anggaran Dana Desa (ADD) 2022 bidang ketahanan pangan hewani dan nabati Pekon Muarabaru, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) akan lakukan beberapa hal guna meningkatkan kesejahteraan warga. 

Dikemukakan Peratin Sanan, dengan program ketahanan pangan yang mulai dilaksanakan tahun ini, diharapkan kedepannya mampu membuat warga tidak lagi ketergantungan dengan bantuan sosial (bansos) pemerintah seperti Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau bentuk lainnya. Serta tidak sepenuhnya lagi ketergantungan dengan pasar, untuk mencukupi kebutuhan dapur.

Karena itu usaha bidang hewani yang akan dilaksanakan di Pekon Muarabaru, penyaluran bantuan bibit ikan dan pakan dengan target Tiga Puluh (30) Kepala Keluarga (KK) prioritas yang belum menerima Bansos. 

"Kita akan mendistribusikan 30.000 bibit ikan, dengan pembagian prioritas warga yang belum menerima bantuan sosial, dengan besaran per Kepala Keluarga akan menerima 1.000 ekor dan pakan dua kampel," terang Sanan.

Bantuan bibit dan pakan tersebut, ditargetkan menjadi usaha berkelanjutan warga. "Bantuan ikan dan pakan ini jadi modal awal warga dalam budidaya ikan, sehingga secara kontinyu terus berkembang," ungkapnya. 

Sedangkan di bidang Nabati, seluruh Kepala Keluarga (KK) Pekon Muarabaru akan mendapatkan bantuan bibit palawija, seperti jenis buncis jagung, kacang-kacangan, dengan pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

"Bidang nabati, bantuan bibit akan disalurkan per tiga bulan, artinya dalam satu tahun empat kali pembagian. Guna mendukung memang sudah berjalan Pangan Mandiri (PM), yang dilaksanakan melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) dengan pengelolaan demplot," paparnya.

Sanan juga mengatakan melalui program ketahanan pangan diupayakan pembangunan jalan usaha tani. Bidang itu juga menjadi sektor penting untuk memberikan kelancaran usaha. (r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait