Selain Manfaat Pembangunan, PKTD Bantu Ekonomi Warga di Tengah Pandemi 

Kamis 06-01-2022,15:07 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) menjadi salah satu program dana desa yang memberikan manfaat selain dari segi pembangunan juga turut membantu ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. 

Hal demikian disampaikan Camat Belalau Drs. Akmal Hakim saat menghadiri kegiatan PKTD pembukaan badan jalan di Pekon Kejadian, Kamis (6/1). 

Disampaikan Akmal, PKTD di wilayah itu difokuskan pada kegiatan fisik yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat sebagai tenaga kerjanya. Sebagai timbal balik selain sebagai penerima manfaat pembangunan, masyarakat juga menerima upah sesuai hari orang kerja (HOK).

“Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan adalah masa yang sangat sulit karena semua sektor merasakan dampaknya, khususnya pada sektor perekonomian. Dengan adanya PKTD bagi kami sedikit dapat membantu masyarakat, karena selain manfaat pembangunan juga masyarakat juga menerima upah dari kegiatan gotong royong ini,” ungkap Akmal.

Lebih lanjut dikatakannya, program PKTD Tahun 2021 di Pekon kejadian itu dilaksanakan selama beberapa hari. Yang mana kegiatan yang dilaksanakan adalah pembukaan badan jalan usaha tani sepanjang 225 Meter dan lebar 3 Meter dengan mempekerjakan puluhan warga bersumber alokasi Dana Desa Tahun 2021.

“Program PKTD yang dibentuk oleh Kemendes PDTT ini sangat membantu produktifitas masyarakat yang terdampak, khususnya di masa pandemi seperti sekarang dan program ini sudah dilaksanakan oleh seluruh pekon di Kecamatan Belalau,” imbuh dia.

Sementara itu Peratin Kejadian Marsudiono menambahkan bahwa kegiatan PKTD merupakan salah satu program prioritas pemerintah melalui DD berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat Pekon. Dalam kegiatan itu pihaknya memanfaatkan tenaga kerja lokal untuk membuka badan jalan.

“Pelaksanaan program padat karya tunai dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Apalagi di tengah suasana pandemi Covid-19 mudah-mudahan bisa membantu ekonomi karena upah yang kami berikan sesuai hari orang kerja atau HOK,” terang dia.

Disisi lain, terkait program peningkatan dan pembukaan pembukaan akses jalan yang terus dilakukan, tujuannya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari yaitu bertani dan berkebun. Dengan begitu, lahan yang ada bisa tergarap dengan maksimal.(edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait