Yuk ke KRL, Ada Bunga Bangkai Raksasa Langka Lagi Mekar

Selasa 04-01-2022,09:50 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Amorphophallus Titanum Becc yang biasa disebut bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa, kembali mekar di Kebun Raya Liwa (KRL) sejak Senin (3/1) lalu setelah sebelumnya satu spesimen juga mekar sempurna pada Desember 2021 lalu. 

Kepala UPT KRL Khoirul Umur mengatakan, bunga langka dari Famili Araceae (Talas-talasan) mekar sempurna di areal Tanam Hias bagian bawah KRL. Mekarnya Amorphophallus titanum Becc ini menjadi kado di awal tahun 2022.

"Bunga ini merupakan spesimen yang ke-empat mekar ditempat yang sama, sebelumnya juga pernah mekar untuk pertama kalinya di lokasi ini pada tahun 2019, dengan jumlah dua spesimen, kemudian di akhir tahun 2021 satu spesimen dan kali ini di awal tahun 2022 satu spesimen," ungkap Khoirul didampingi Petugas Taman Araceae Cakra Aditama. 

Dengan demikian, kata dia, maka total Amorphophallus titanum yang sudah berhasil dikonservasi secara Ex-situ dan mekar di KRL tepatnya di areal Tanam Hias berjumlah empat spesimen. 

"Keseluruhan Amorphophallus titanum ini didapatkan dari hasil Eksplorasi mandiri oleh para staf teknisi Kebun Raya Liwa pada tahun 2018 di lokasi pekon Sukaraja Kecamatan Batubrak," bebernya. 

Selain itu, kata dia, ada juga Amorphophallus paeoniifolius yang juga dikenal dengan Suweg mekar secara bersamaan di hari, tanggal, bulan, serta tahun yang sama tepatnya di Taman Araceae yg ada di pusat pembibitan Kebun Raya Liwa.

"Bagi masyarakat yang penasaran dengan dua tanaman tersebut bisa datang ke KRL dalam beberapa hari kedepan, dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan dan petugas kami akan selalu untuk mendampingi pengunjung ke lokasi dan menjelaskan terkait tanaman tersebut," pungkasnya. (nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait