Warga, Aparat Pekon dan Camat Waytenong Kolaborasi Tangani Longsor

Senin 24-01-2022,14:23 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Dipantau langsung Camat Waytenong, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M,. Aparatur Pekon Mutaralam, bersama warga ambil langkah cepat meminimalisir longsor badan jalan lingkar kecamatan.

Upaya penanganan secara swadaya masyarakat dilakukan dengan cara menutup titik longsor menggunakan terpal plastik, agar air tidak terus menggerus tanah di dasar badan jalan tersebut.  

Bambang Hermanto menyebutkan, penyebab longsor hingga merusak drainase dan gorong-gorong adalah akibat besarnya debit air hujan beberapa hari yang lalu.

Pihaknya apresiasi semangat gotong royong warga Pekon Mutaralam berjibaku untuk mengambil langkah penanggulangan sementara agar tidak terjadi perluasan longsor.

"Saya berharap agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati saat turun hujan, terutama yg berada disekitar lokasi longsor, untuk sementara jalan lingkar kecamatan yang melintasi lapangan ditutup," sarannya. 

Warga setempat Andy mengatakan, penyebab terjadinya longsor di titik jalan tersebut, lantaran tingginya intensitas hujan dan menjadi pembuangan air dari ruas jalan nasional yang akhir tahun lalu dibangun drainase.

"Jika tidak ditangani secara permanen akan terjadi longsoran tambahan, apalagi situasi cuaca yang terus berlangsung hujan seperti sekarang ini," katanya. 

Pelaksana Tugas (Plt) Peratin Mutaralam Pebi Herpindo, menghaturkan terimakasih kepada warga dengan kesadaran yang tinggi langsung melakukan upaya penanganan walaupun sifatnya sementara. 

Pihaknya berharap kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar agar melakukan upaya penanganan kedaruratan.

"Harapan kami pemerintah dapat melakukan upaya cepat dalam penanganan ini agar kondisi tidak bertambah parah, apalagi di sekitarnya merupakan pemukiman warga," harapannya. (rinto arius)

Tags :
Kategori :

Terkait