Pekon Trimulyo Wakili Gedungsurian di EPP Tingkat Kabupaten

Selasa 01-03-2022,19:36 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) diberikan pembinaan persiapan Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan tahun 2022 tingkat kabupaten.

Pembinaan tersebut diberikan oleh tim terpadu kecamatan, yang dilangsungkan dua kali dalam setiap minggu. 

"Hingga menjelang hari H 10 Maret kita akan melakukan pembinaan sesuai dengan bagian masing-masing," ungkap Peratin Buchori, S.P.

Pada kesempatan itu pihaknya tidak menyebutkan capaian target melainkan berharap peran kader di bidang masing-masing akan lebih baik. Begitu juga terhadap aparatur pemerintahan pekon.

Dijelaskan Buchori sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) No.81/2015 ada tiga sektor yang akan dinilai dalam Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan, diantaranya sektor Pemerintahan, Sektor Pemberdayaan dan Sektor Kemasyarakatan.

Diuraikan Buchori Seperti evaluasi bidang pemerintah meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat, pekon berbasis teknologi informasi / E-Government, dan pelestarian adat budaya. 

Evaluasi bidang kewilayahan meliputi aspek, identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi. 

Kemudian Evaluasi bidang kemasyarakatan seperti partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga.

Pada kesempatan itu Buchori menyampaikan apresiasi, tingginya semangat kader dalam perhelatan tahunan tersebut. (r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait