Warga Pekon Sukamakmur Gotong Royong Buka Badan Jalan

Minggu 20-02-2022,15:34 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Puluhan warga Pekon Sukamakmur, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat bergotong royong membuka badan jalan produksi yang merupakan wilayah perbatasan pekon setempat dengan Pekon Hujung, Minggu (20/2). 

Selain membuka badan jalan, gotong royong yang menjadi aktivitas rutin bagi masyarakat setempat itu juga dilakukan dengan menata dan membersihkan lingkungan. 

Peratin Sukamakmur Saukani yang memimpin langsung kegiatan itu mengatakan, pembukaan badan produksi itu dilakukan untuk memperlancar mobilitas warga terutama petani, selain itu manfaat kedepannya untuk perluasan pemukiman.

“Dengan telah dibukanya badan jalan ini, maka menjadi tanggung jawab kami untuk mengupayakan pembangunan lanjutan seperti wacana perkerasan badan jalan yang diajukan ke Pemkab Lambar,” ujar Saukani.

Menurutnya, meski hanya menggunakan peralatan seadanya namun tak mengurangi semangat puluhan warga.

“Kondisi jalan yang sempit dan berada di tengah perkebunan warga ini mengharuskan ada pelebaran sisi kiri dan kanan jalan, karena hanya mengandalkan peralatan manual kerjanya memang agak sulit dan lebih berat, namun karena adanya kegotong royongan warga, bisa lebih ringan,” kata dia.

Saukani menambahkan, bahwa sesuai kondisi geografis wilayah yang berbukit dan kebutuhan dasar, maka fokus pembangunan masih terpaku pada peningkatan akses jalan. 

“Dengan kondisi area perkebunan warga dan jarak antara pemangku satu dengan pemangku lainnya berada di wilayah berbukit maka itu harus didukung oleh akses yang memadai, maka dari dari setiap tahun pembangunan masih terfokus pada akses jalan,” bebernya.

Sebab, dengan dukungan sarana jalan yang baik dan memadai maka dapat menunjang aktivitas warga untuk kegiatan yang dilakukan sehari-hari. 

“Dengan adanya kegiatan pelebaran jalan rabat beton ini, kami harapkan nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bidang transportasi agar lebih mudah dan lancar,” harapnya.

Pada kesempatan itu peratin memberikan apresiasi kepada warganya yang selalu dan terus menerus mendukung segala program pemerintah, dalam kebersamaan membangun Pekon sukamakmur menjadi lebih baik lagi.(edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait