Warga Pekon Pancurmas Swadaya Bangun Jalan Utama 

Selasa 15-03-2022,16:27 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Warga Pekon Pancurmas, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat secara swadaya membangun jalan utama pekon yang selama ini sulit diakses oleh kendaraan roda dua.

Pembangunan jalan dengan sistem semenisasi tersebut didanai iuran sukarela dari masyarakat dan dibantu iuran dari seluruh jajaran aparatur pemerintah pekon setempat.

Peratin Pancurmas Dadang Ermayadi yang memimpin langsung kegiatan tersebut mengatakan, jalan yang di bangun secara swadaya ini ada sepanjang sekitar 4 kilometer (KM). Dengan kondisi jalan yang rusak parah membuat mobilitas warga terganggu.

"Alhamdulillah warga sangat antusias untuk ikut berpartisipasi. Pembangunan jalan ini murni hasil swadaya masyarakat, biayanya hasil iuran semampunya baik dari warga maupun aparat pekon. Dari total panjang 4 KM, sudah sekitar 100 meter yang dibangun dan kegiatan ini akan terus berlanjut minimal satu pekan sekali," ujar Dadang.

Ia menuturkan, pentingnya peningkatan jalan ini karena menjadi jalan utama menuju Pekon Pancurmas. Dengan kondisi medan jalan yang terjal di tengah perbukitan sangat menyulitkan masyarakat.

"Yang memprihatinkan kalau musim hujan, warga kesulitan mengakses jalan ini. Jalan tidak bisa di bangun dari dana desa, karena berstatus jalan provinsi. Kalau saja itu kewenangan pekon, maka akan masuk program dana desa. Makanya kami dan warga swadaya membangun jalan ini," tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa penanganan jalan tersebut menjadi kewenangan  Pemerintahan Provinsi Lampung, karena jalur itu merupakan akses penghubung antar Kabupaten Lambar dan Kabupaten Pesisir Barat.

"Kami berharap Pemkab Lambar agar terus berupaya mengawal dan memfasilitasi usulan masyarakat supaya jalan ini dapat dibangun karena ini merupakan sarana vital untuk kelancaran mobilitas warga," harapnya.(edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait