Warga Berharap Jalan Kabupaten Menuju TPAS Zona II Kubulikujaya Dibangun

Rabu 16-02-2022,17:12 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Masyarakat di Pekon Kubulikujaya, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat berharap ruas jalan menuju tempat  Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) zona II di wilayah itu ditingkatkan.

Karena keberadaan akses jalan itu selain untuk memperlancar mobilitas kendaraan pengangkut sampah juga dimanfaatkan masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari.

Mengingat pentingnya jalan itu, maka masyarakat secara langsung menyampaikan usulan tersebut kepada Bupati Lambar Parosil Mabsus pada musrenbang tingkat kecamatan yang dipusatkan di pekon setempat.

Peratin Kubuliku Jaya Romlan mengatakan, sejak awal pihaknya memberikan dukungan atas pembangunan TPAS zona II di wilayah tersebut dalam rangka memaksimalkan pengendalian sampah di kecamatan batuketulis maupun di beberapa kecamatan lainnya.

“Namun seiring adanya pembangunan TPAS masyarakat juga berharap agar pemkab dapat meningkatkan ruas jalan menuju TPAS tersebut. Karena pembangunan jalan ini tidak hanya mendukung kelancaran armada pengangkut sampah tetapi juga memberikan manfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Sebab, terus Romlan, ruas jalan kabupaten sepanjang 5 kilometer (KM) tersebut merupakan akses penghubung antar pekon yaitu Pekon Kubuliku Jaya dengan Pekon Bakhu. Selain itu jalur itu juga menjadi akses penghubung antar kecamatan yaitu menuju Pekon Pampangan Kecamatan Sekincau.

“Jadi keberadaan jalan itu betul-betul penting untuk masyarakat, sehingga saat musrenbang tingkat kecamatan khususnya di bidang infrastruktur jalur tersebut menjadi prioritas usulan,” imbuhnya.

Menanggapi itu dalam musrenbang, Bupati Parosil Mabsus telah memerintahkan Dinas PUPR untuk mencatat usulan prioritas tersebut dan akan dituangkan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2023 mendatang.

“Jadi intinya terkait usulan infrastruktur di Batuketulis salah satunya adalah pembangunan jalan TPAS zona II, silahkan Dinas PUPR agar dapat mencatat dan dituangkan dalam prioritas program di tahun 2023 nanti,”ujar Parosil.

Menurutnya,  Kecamatan Batuketulis memang menjadi salah satu sasaran program peningkatan infrastruktur, seperti tahun 2022 ini pihaknya merealisasikan peningkatan ruas jalan Wayngison-Waspada yang bertahun-tahun telah di nanti oleh masyarakat.

“Terkait infrastruktur khususnya di Batuketulis memang masih ada sejumlah PR yang belum terselesaikan. Tapi kita tetap berupaya mengoptimalkan anggaran yang ada agar bisa menuntaskan persoalan tersebut,” pungkasnya. (edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait