Pekon Gunungterang Rakor Persiapan Gerakan PM

Jumat 13-11-2020,17:52 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Menyambut Gerakan Pangan Mandiri (PM) oleh masyarakat Pekon Gunungterang, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang akan dilaksanakan Minggu (15/11).

Pemerintah pekon setempat bersama seluruh elemen masyarakat menggelar rapat koordinasi (rakor) sekaligus sosialisasi, bertempat di balai pekon Jumat (13/11).

Peratin Gunungterang Mahmudin mengatakan, dalam rangka mendukung dan mensukseskan program Bupati Lambar Parosil Mabsus tentang Program Pangan Mandiri (PM).

Maka pekon itu, mengaplikasikannya dengan menggelar gerakan aksi PM, yang melibatkan seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan pekon kecamatan, mulai dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), PKK, Karang Taruna, Kelompok Wanita Tani (KWT) dan beberapa lapisan masyarakat. Serta dari pihak kecamatan, petugas pendamping pekon/ kecamatan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

"Pekon Gunungterang akan gunakan lahan pekon untuk ditanam Ubi Kayu, dimana dengan penanaman ini diharapkan bisa menarik minat warga memanfaatkan lahan-lahan yang selama ini diabaikan (kosong) seperti halaman yang luas untuk tanaman yang lebih bermanfaat," sebutnya. 

Disebutkannya aksi itu merupakan  program yang sangat baik dan dimasa pandemi covid-19 ini perlu mengembangkan perihal pangan mandiri, sehingga masyarakat khususnya dan Kabupaten Lambar pada umumnya tidak mengandalkan pangan dari luar.

"Ajakan kemandirian Program PM ini sesuai dengan edaran Pakcik kepada warga untuk memanfaatkan lahan kosong," ujarnya. 

Pada kesempatan itu Mahmudin juga mengajak warga untuk kembali menggalakkan gotong royong karena tujuannya sangat baik untuk kemajuan bersama. (rin/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait