Reihana Bantah Temuan Omicron di Lampung 

Kamis 13-01-2022,22:02 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Lampung, Dr. Dr. Hj. Reihana, M.Kes., membantah terkait isu yang beredar bahwasanya ada temuan salah seorang warga Bandarlampung terkonfirmasi positif Covid-19 dengan varian omicron

Hal itu ia sampaikan saat diwawancarai awak media di kantor Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Kamis (13/1).

"Jadi marak beredar tentang varian omicron di Lampung. Kita ada satu kasus positif tapi belum dikirim hasil S Gene Target Failure (SGTF) dan Whole Genome Sequencing (WGS). Kita tunggu hasil dari Litbangkes. Kalaupun ada pasti akan diumumkan," ungkapnya. 

Lanjutnya, WGS yang  akan kirimkan ke Litbangkes tersebut berasal dari salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Lampung yang pernah melakukan perjalanan dinas ke Bogor dan terpapar Covid-19 dengan gejala seperti kasus konfirmasi positif Covid-19 biasanya. 

"Gejala seperti Covid-19 biasa seperti demam dan batuk, Mudah-mudahan bukan omicron," jelasnya. 

Kemudian ia juga mengatakan dari satu orang tersebut telah dilakukan tracing kepada 100 orang yang pernah berkontak erat. Dari jumlah tersebut terdapat satu orang yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan antigen.

"Hasilnya negatif, namun kemarin keluarga di tes lagi dan ada yang positif dengan antigen. Tapi belum ada deteksi apakah dia omicron," sambungnya.

Ia juga mengatakan berdasarkan surat edaran terbaru dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), saat ini pasien yang dinyatakan positif Covid-19 dilarang menjalani isolasi mandiri di rumah, namun wajib menjalani Isolasi di rumah sakit. 

"Jika ada yang positif Covid-19 karena saat ini sedang marak varian omicron, maka tidak bisa isoalasi mandiri di rumah. Harus isolasi di rumah sakit jadi kalau ada yang positif harus dibawa kerumah sakit untuk dilakukan observasi," pungkasnya. (ded/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait