PDAM Limau Kunci Ujicoba Program e-Billing

Jumat 15-11-2019,16:51 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Dalam rangka mematangkan program e-billing yang akan diluncurkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Limau Kunci Kabupaten Lampung Barat, mulai minggu depan perusahaan tersebut akan melakukan ujicoba di beberapa lokasi, dan sejumlah Indomaret.

“Rencananya minggu depan kita akan melakukan ujicoba di beberapa tempat dan selanjutnya akan kita sosialisasikan kepada masyarakat,” ujar Direktur PDAM Limau Kunci Pistorik, S.H, M.M., Jumat (15/11).

Dijelaskannya, program e-Billing merupakan pelayanan pembayaran rekening tagihan secara elektronik, sehingga akan memudahkan pelanggan. "Kalau selama ini pelanggan PDAM apabila akan membayar tagihan bulanan harus datang ke loket-loket, dengan sistem pembayaran elektronik namun kedepan, dapat melakukan pembayaran dari mana saja, baik melalui minimarket maupun fasilitas Perbankan lainnya," ucapnya.

Menurut dia, beberapa waktu lalu, pihak penyedia jasa PT. Mitra Come melakukan ekspose, yakni memberikan pemahaman kepada semua karyawan tentang keunggulan program tersebut. "Jadi tujuannya supaya seluruh karyawan PDAM  memahami tentang sistem pembayaran e-billing, serta mengetahui kendala-kendala apa saja yang kemungkinan di hadapi, dan tentang bagaimana pemecahannya," jelas Pistorik.

Untuk program e-billing ini, kata dia, pihaknya menggandeng Perumda Tirta Raharja Jawa Barat sebagai penyedia server induk, yang untuk tahap awal telah menginput data pelanggan di empat wilayah layanan. Untuk tahap awal penerapan e-billing, baru mencakup empat wilayah layanan, yakni cabang Liwa, cabang Sukau II, unit Way Tenong dan unit Kebun Tebu, sementara untuk enam wilayah lainnya, mudah-mudahan akan menggunakan sistem pembayaran elektronik pada awal tahun 2020.

‘Selain pembayaran tagihan air menggunakan system e-billing, kita juga tetap membuka pelayanan di kantor PDAM dan cabang bagi pelanggan PDAM yang ingin membayar tagihan secara langsung,” tandasnya. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait