Puluhan Ternak Sapi di Suntik IB 

Selasa 30-06-2020,18:16 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Sebanyak 57 ekor sapi di Kabupaten Lambar telah dilakukan inseminasi buatan (IB). Program tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menggenjot reproduksi sapi dalam negeri.

“Untuk triwulan I (Januari-Maret) sebanyak 57 ekor ternak sapi yang telah dilakukan inseminasi buatan, sedangkan untuk triwulan kedua (April-Juni) jumlahnya belum diketahui karena belum dilaporkan melalui aplikasi SIGNAS,” ucap Kabid Peternakan Alma'Arif, S.I.P  mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar, S.P, M.Si.

Kata dia, dalam rangka mendukung swasembada daging dan meningkatkan populasi ternak sapi, Disbunnak mulai tahun  mengadakan program sapi kerbau komoditas andalan negeri (Sikomandan).

“Kalau dulu namanya program upaya khusus sapi/kerbau indukan wajib bunting (Upsus Siwab) namun tahun ini berubah nama menjadi Sikomandan,” imbuhnya.

Masih kata dia, dengan adanya kegiatan IB diharapkan produksi ternak di Kabupaten Lambar mengalami peningkatan.

“Selain meningkatkan produksi, juga kedepan diharapkan dapat meningkatkan penghasilan warga,” imbuhnya

Melalui sistem inseminasi buatan atau kawin suntik, lanjut Alma Arif, selain untuk meningkatkan produksi sapi juga bisa sebagai alat untuk peningkatan mutu genetik ternak. Pelaksanaan teknologi IB memberikan banyak keuntungan bagi industri peternakan, selain memperbaiki kualitas genetik dan mencegah terjadinya in breeding, juga dapat mengurangi penularan penyakit reproduksi.

“Dengan adanya berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi IB,  saat ini IB menjadi ujung tombak untuk keberhasilan Sikomandan yang merupakan fokus kegiatan pemerintah pusat,” pungkas dia. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait