Parosil Tekankan Target Vaksinasi di Sekincau, Maret 70 Persen

Senin 14-02-2022,16:53 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Persentase jumlah masyarakat yang telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat masih rendah, yakni baru mencapai 56%. 

Oleh sebab itu Bupati Lambar Parosil Mabsus berharap kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas setempat mencarikan solusi untuk mengajak warga agar mau mengikuti vaksinasi.

"Vaksinasi kedua di Kecamatan Sekincau perlu dicapai karena persentase kedua masih rendah jauh beda dari vaksinasi tahap pertama," ungkap Parosil saat berpidato pada acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sekincau Senin (14/2).

Bahkan Parosil menekankan awal Maret mendatang persentase vaksinasi di kecamatan yang memiliki empat pekon satu kelurahan itu dapat mencapai 70%, dan persentase itu termasuk juga Vaksinasi untuk warga kategori lanjut usia (Lansia)

"Saya minta betul mari kita sama-sama bekerja keras, saling mendukung saling bersinergi dalam rangka mewujudkan apa yang menjadi program terkait dengan vaksinasi Covid-19 dalam upaya melawan pandemi Covid-19 yang saat ini tengah merebak varian baru Omicron," imbuhnya.

Sementara diklarifikasi Kepala UPT Puskesmas Sekincau Martalena, S.ST., bahwasannya hingga saat ini persentase vaksin dosis dua untuk kecamatan itu telah mencapai 63,24%. Dan sesuai arahan bupati pihaknya optimis Maret mendatang akan mencapai target minimal 70%.

Terpisah, dijelaskan Penanggung Jawab (Pj) Imunisasi Puskesmas setempat Nur Fadila, S.ST., penyebab persentase vaksinasi kedua belum sama dengan capaian vaksinasi pertama sebesar 87,79%, lantaran sempat terjadinya keterlambatan pendistribusian vaksin yakni Astrazeneca. 

"Sekarang vaksin sudah ada dan pelayanan telah kita laksanakan, bahkan penerapan sistem jemput bola dengan datang ke rumah warga telah dijalankan sebagai upaya percepatan vaksinasi," ungkapnya.

Dan yang akan segera dilaksanakan mulai star pekan depan vaksinasi kedua untuk anak usia Enam sampai Sebelas tahun atau kategori SD/MI. 

"Secara total jumlah warga Kecamatan Sekincau yang telah diberikan vaksinasi dosis pertama sebanyak 13.770 orang plus vaksin untuk anak-anak," tandasnya.(r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait