PTM Kembali Digelar, Puskesmas Pacu Vaksinasi Anak 

Kamis 24-02-2022,17:45 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – Pelayanan vaksinasi Covid-19  untuk anak usia 6-11 tahun terus dipacu oleh UPT Puskesmas Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat untuk mengoptimalkan upaya pencegahan penularan Covid-19 di tengah pemberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Kamis  (24/2). 

Hingga hari ini, Puskesmas setempat mencatat dari target sasaran sebanyak 942 anak, untuk dosis satu  secara persentase telah tercapai sebanyak 86,9% . Proses pelayanan terus berlanjut seperti di SDN Lombok, SDN Kagungan dan SDN Lombok Timur. 

Kepala UPT Puskesmas Lumbokseminung Magdalena, S.K.M, menjelaskan pihaknya terus memacu pelayanan vaksinasi anak yang menjadi bagian dari upaya untuk melindungi anak dari ancaman wabah Covid-19 ditengah kembali efektifnya kegiatan PTM. 

“Secara persentase sudah di angka 86,9 %, dan pelayanan akan terus berlanjut, selain melayani di sekolah, bagi anak-anak yang sebelumnya tertunda vaksin karena kurang sehat maka kami buka pelayanan di puskesmas,” ujarnya.

Sehingga untuk mensukseskan pelayanan vaksinasi ini, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat terutama peran para orang tua agar tidak ragu memberikan vaksinasi kepada anak-anaknya, karena ini merupakan upaya pemerintah untuk melindungi anak dari ancaman wabah Covid-19. 

“Kita berharap tidak keraguan dari masyarakat, sehingga capaian target vaksinasi anaka usia dini 6-11 tahun ini khususnya di Kecamatan Lumbokseminung dapat tercapai sesuai harapan disamping disiplin protokol kesehatan yang terus dijalankan,” pesannya.

Seperti diketahui sebelumnya, pencananganan vaksinasi anak 6-11 itu dicanangkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Barat dna dibuka langsung oleh Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus pada Selasa (17/1)lalu.

Kepala Dinkes Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., menjelaskan pelaksanaan vaksinasi ini berdasarkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization/ITAGI) melalui surat No.166/ITAGI/Adm/XII/2021 tanggal 9 Desember 2021 perihal kajian vaksinasi Covi-19 pada anak usia 6-11 tahun.

Kemudian keputusan Menteri Kesehatan No.HK.01.07./MENKES/6688/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tertanggal 13 Desember 2021. 

“Jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun adalah vaksin Sinovac atau vaksin jenis lainnya yang sudah ada Emergency Use Of Authorization (EUA) dari BPOM. Untuk vaksin Sinovac, interval pemberian dosis satu dan dosis dua adalah 28 hari serta harus didahului dengan proses skrining kesehatan,” jelasnya.(edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait