Produksi Lada di Lambar Capai 2.992 Ton

Jumat 04-03-2022,14:00 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Selain kopi, Kabupaten Lambar juga merupakan daerah penghasil tanaman perkebunan berupa lada.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Yudha Setiawan, S.I.P mengungkapkan, luas lahan yang ditanami lada tahun 2021 mencapai 6.840 hektar (Ha).

Rinciannya 1.216 Ha tanamannya belum menghasilkan (TBM), 5.120 Ha tanaman menghasilkan (TM), dan 505 Ha tanaman rusak (TR).

“Dari luas 5.120 Ha tanaman menghasilkan tersebut produksinya mencapai 2.992 ton dalam bentuk lada hitam. Sedangkan dalam bentuk lada putih kita belum ada,” kata Yudha, Jumat (4/3).

Lanjut dia, masyarakat Kabupaten Lambar mayoritas petani kopi namun ada juga petani yang melakukan penanaman lada di sela sela tanaman kopi.

“Kalau jumlah petani di Kabupaten Lambar yang melakukan budidaya lada sebanyak 7.607 kepala keluarga (KK),” bebernya.

Terkait tanaman lada ini, lanjut Yudha, tahun ini pihaknya menyiapkan bantuan bibit lada melalui program diversifikasi.

“Bantuan bibit lada yang akan kita siapkan sebanyak 2.500 batang untuk kelompok tani (poktan). Untuk nama kelompok taninya belum ditetapkan karena akan dilakukan CPCL (Calon penerima, calon lokasi),” tegasnya.

Dikatakannya, tanaman lada tersebut akan ditanam disela sela tanaman kopi milik petani dan tujuan pemberian bantuan dalam rangka meningkatkan penghasilan petani.

“Bantuan bibit ini bersumber dari APBD Lambar tahun 2022. Jadi diharapkan selain panen kopi, pada saat musim paceklik petani juga bisa panen lada sehingga pendapatan mereka meningkat dan petani hidup sejahtera,” tutup Yudha. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait