Tokoh Masyarakat Puji Keberhasilan PM Bawa Perubahan di Kecamatan Pagardewa

Rabu 16-02-2022,18:56 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022 Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kabupaten Lampung Barat yang di Tempat Wisata Waterboom Pekon Sukamulya, Rabu (16/2).

Berlangsung meriah dengan adanya Tujuh pelayanan gratis dan bazaar produk unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan UP2K, KWT dan Gapoktan pekon.

Pada acara yang menjadi agenda tahunan tersebut, Bupati Parosil Mabsus yang hadir didampingi Wakil Bupati Mad Hasnurin, Wakil Ketua I DPRD Lambar Sutikno, Asisten, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Uspika, Pagardewa, Babinsa Bhabinkamtibmas para Peratin dan calon peratin, Kepala Sekolah, Dewan Guru. Beserta Tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.

Kehadiran Bupati Parosil dan Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin (PM) di lokasi acara disambut antusias masyarakat setempat dengan arak-arakan budaya Singa Depok, Budaya Kuda Lumping serta para pesilat dari empat perguruan, yakni PSHT, IKSPI, Pagar Nusa dan Cempaka Putih.

Dalam arak-arakan tersebut, PM ditandu menaiki Singa Depok menuju panggung acara.

Setelah sampai di panggung acara, PM dan rombongan kembali disuguhkan penampilan Tari Sembah Batin dari SDN Sukamulya dan Tari Sastra dari anak-anak SDN Sidomulyo.

Kemudian ditampilkan pula Budaya Nyambai yang dipersembahkan ibu-ibu dari Pekon Sukamulya dan dari anak-anak SMPN 02 Pagar Dewa.

Pada Musrenbang tersebut, Parosil sekaligus meresmikan wisata taman anak-anak Waterboom) Suko Mulyo milik Pekon Sukamulya yang ditandai dengan pemotongan pita.

Bupati Parosil secara simbolis melakukan penyerahan dana Kecamatan dan Dana Desa (DD), penyerahan biaya penyelenggaraan Pendidikan Merata (PM) dan sarana prasarana pendidikan. Penyerahan bantuan alat perkebunan dan bantuan bibit tanaman buah serta penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk masyarakat di Kecamatan Pagar Dewa dan penyerahan bibit benih ikan. 

Dalam pidatonya Parosil mengapresiasi masyarakat Kecamatan Pagardewa, lantaran masyarakat setempat begitu antusias mendukung Musrenbang tersebut dengan berbagai seni budaya.

"Kehadiran pak Bupati dan rombongan dikawal para pendekar, ada dari Setia Hati, Pagar Nusa, Kera Sakti dan Cempaka Putih, ini pendekar-pendekar yang setia menjaga NKRI," tegasnya.

Parosil menuturkan, meskipun Kecamatan Pagardewa merupakan kecamatan yang terbilang baru di Kabupaten Lampung Barat, akan tetapi Kecamatan tersebut memiliki potensi besar mengenai budaya.

Dari hal itu Parosil merasa bangga, pasalnya pitu program dan tiga komitmen yang ia canangkan dapat diketahui masyarakat, terlebih dapat dirasakan secara langsung manfaatnya.

"Ini luar biasa, empat sehat lima sempurna. Program-program pak bupati dapat dipaparkan semuanya, tadi dijelaskan pak Solehudin, ibu-ibu grup nyambai dan anak-anak yang menampilkan seni sastra," imbuhnya.

Kemudian Parosil menuturkan bahwa dalam mendukung pelestarian seni budaya di Lampung Barat, ia membangun lamban (gedung) budaya yang berlokasi di lingkungan Pemkab Lampung Barat, dan itu merupakan salah satu implementasi dari salah satu pitu program poin kedua, yaitu menjadikan kota Liwa sebagai kota budaya. "Saya membangun gedung budaya, sebenarnya ditarget selesai tahun 2021, tetapi karena terkendala wabah Covid-19 sehingga baru dapat diselesaikan dan diresmikan tahun 2022 ini," ujarnya

Sambutan Tokoh Masyarakat Kecamatan Pagardewa, Solehudin mengucapkan terimakasih atas kehadiran PM di Pekonnya yang sudah kali kedua dengan acara yang sama, yakni Musrenbang Tingkat Kecamatan.

"Kami mewakili masyarakat Pekon Sukamulya dan umumnya masyarakat Kecamatan Pagardewa, kami ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati yang telah menyempatkan hadir di Pekon kami ini untuk kedua kalinya," ungkapnya.

Solehudin menyatakan di Kecamatan Pagardewa sudah banyak perubahan dan kemajuan. Menurutnya, kemajuan dan perubahan itu berkat kerjasama perangkat daerah Lampung Barat.

"Dulu lokasi di sini masih banyak kebun alang-alang, tetapi sekarang sudah ada kolam renang dan sudah ada gazebo. Dulu jalan di Kecamatan Pagardewa ini banyak yang berlubang dan becek, sekarang sudah berkurang," katanya (rinto)

Tags :
Kategori :

Terkait