Tim Terpadu Kecamatan Intenskan Pembinaan EPP di Pekon Sukajaya

Senin 14-02-2022,20:34 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat. Tim Kecamatan dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas setempat mulai melaksanakan pembinaan persiapan Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP) Tahun Anggaran (TA) 2022 tingkat kabupaten kepada Pekon Sukajaya.

Pembinaan yang dilaksanakan di balai pekon Senin (14/2) dipimpin langsung Camat Drs Dahlin, M.Pd., berdana Kepala Puskesmas Mediansah, S.K.M, M.Kes., dengan seluruh peron kecamatan dan nakes sesuai dengan tupoksi masing-masing. 

Pembinaan EPP tersebut untuk memberikan kesiapan Pekon Sukajaya menghadapi penilaian yang akan dilangsungkan Maret mendatang. "Dalam pembinaan ini pihak puskesmas khususnya melakukan pembinaan sesuai dengan peran di bidang kesehatan seperti pembinaan kader posyandu, Kesehatan Lingkungan (Kesling), Gerakan Sayang Ibu (GSI), dan pengadaan rumah sehat," terang Mediansah.

Pada kesempatan itu pihaknya menegaskan karena jarak pembinaan dengan pelaksanaan penilaian lomba yang tergolong dekat, yakni Maret mendatang, maka pihak kecamatan menjadwalkan pembinaan dilaksanakan tiga kali setiap minggu sampai hari H. 

"Pembinaan memang perlu diintensifkan karena kita tau selama dua tahun tepatnya 2020 dan 2021 kegiatan banyak yang di stop dan kalaupun ada yang dilaksanakan dibatasi akibat pandemi Covid-19, karena itu pembinaan ini kita jadikan untuk kembali mengasah pemahaman kader sesuai dengan peran masing-masing," ungkap pihaknya.

Oleh sebab itu Mediansah yang juga sosok baru di Kecamatan Sumberjaya, setelah di rolling dari Puskesmas Pagardewa, mengajak Pekon Sukajaya terutama para kader untuk tidak sungkan-sungkan untuk berkoordinasi dengan petugas terkait puskesmas jika ada hal yang belum dipahami, untuk bersama-sama diberikan penjelasan. 

Dia juga menyebutkan puskesmas akan terus berkoordinasi dengan kecamatan tentang tahapan dan proses yang sudah dan akan dilaksanakan selama pembinaan agar satu dengan lainnya dapat terkoneksi dengan baik. Dan upaya pembinaan benar-benar memberikan manfaat yang baik untuk kesiapan Pekon Sukajaya dalam EPP. 

Dikonfirmasi terpisah Dahlin mengapresiasi semangat, baik oleh tim pembina maupun Pekon Sukajaya dalam pembinaan tersebut. 

"Semoga dengan upaya ini Pekon Sukajaya memiliki kesiapan yang matang dalam EPP," tandasnya. (r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait