Tim GLD Lambar Gelar Bimtek Pengelola Lamban Baca

Kamis 24-02-2022,13:37 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Kabupaten Lampung Barat melaksanakan Bimtek pengelola lamban baca tahun 2022 se-Lampung Barat.

Acara itu dipusatkan di kawasan Wisata Alam Segar Sari Pekon Giham Sukamaju, Kecamatan Sekincau, Lampung Barat, Kamis (24/2). 

Kegiatan itu diikuti oleh 71 pengelola lamban baca yang tersebar di seluruh kecamatan di Lambar

Kegiatan itu dibuka oleh Ketua Tim GLD Lambar Partinia Parosil Mabsus.

Dalam pertemuan itu, Camat Sekincau Edi Jaya Saputra, menyampaikan terima kasih karena Sekincau dijadikan sebagai tempat bimtek. 

Ia berharap meminta agar peserta dapat mengikuti Bimtek dengan serius dan mampu mengembangkan pengetahuan itu terhadap lamban baca yang ada.

Sementara Ketua Tim GLD Lambar Partinia saat membuka acara itu, menyampaikan tentang pengetahuan literasi. 

"Literasi merupakan suatu kebanggaan bagi Lambar karena Lambar merupakan kabupaten yang sangat mementingkan literasi. Bahkan Pemkab Lambar merupakan yang paling memperhatikan program itu," ungkap Makcik sapaan Partinia

Menurut dia, Literasi bukan hanya kegiatan membaca dan menulis saja tapi juga banyak kegiatan lainnya yang perlu dikembangkan seperti konservasi. 

Bahkan saat ini, lanjut Makcik ada kegiatan penanganan Covid-19 yaitu pentingnya cuci tangan.

"Kegiatan literasi di Lambar cukup luar biasa karena didukung oleh masyarakat yang terus bergerak. Banyak masyarakat yang dengan sukarela mendirikan lamban baca di rumahnya untuk dijadikan sebagai tempat dan sarana literasi bagi warga sekitarnya. Artinya kegiatan literasi di Lambar ini dengan sendirinya terus berjalan," kata dia.

Bahkan, kata dia, provinsi dan daerah lain saat ini sudah banyak mencontoh Lambar dalam hal literasi. Karena itu, ia terus mengajak masyarakat untuk terus berinovasi dalam literasi.

"Kita berharap lamban baca kedepan termasuk sekolah-sekolah juga harus mengaktifkan kembali kegiatan Mading yang selama ini mulai memudar," tutupnya.

Sekadar diketahui, selain Ketua Tim GLD dan Camat Sekincau, kegiatan Bimtek Pengelola Lamban Baca tersebut juga dihadiri Pengurus Tim GLD. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait