Dua Bulan, Pengunjung Wisatawan di Lambar Tembus 71.793 Orang

Rabu 16-03-2022,14:46 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Jumlah pengunjung wisatawan nusantara di Kabupaten Lambar mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) dari Januari hingga Februari tahun 2022 jumlah pengunjung wisatawan tembus mencapai 71.793 orang. 

“Sebanyak 71.793 pengunjung wisatawan itu rinciannya bulan Januari  sebanyak 35.842 orang dan bulan Februari 35.951 orang,” ungkap Sekretaris Disporapar Burlianto Eka Putra, S.H., mendampingi Kepala Disporapar Drs. Nukman, M.M., Rabu (16/3).

Dijelaskannya, destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lambar secara umum sudah mulai beroperasi sejak bulan Januari dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan seiring dengan peningkatan kasus Covid-19 dan hal tersebut ditetapkan dengan sistem zona. 

Artinya saat ketika zona merah  atau orange maka destinasi wisata wajib melakukan penutupan.

“Pada bulan Februari angka kunjungan wisatawan mengalami peningkatan sebesar 7,6 persen dibandingkan kunjungan wisatawan pada bulan Januari,” bebernya.

Menurut Burlianto, ada 38 objek wisata di Kabupaten Lambar yang dikunjungi oleh wisatawan nusantara dan tidak kalah menarik dengan objek wisata yang ada di daerah lain.

Ke 38 objek wisata yang kerap dikunjungi wisatawan antara lain  wisata alam pohon Pinus Kecamatan Sumberjaya, Temiangan Hill Pekon Trimulyo Kecamatan Gedungsurian, wisata air terjun Cengkaan di Pekon Waypetai Kecamatan Sumberjaya, Puncak Rest Area Sindangpagar Kecamatan Sumberjaya, Kubuperahu TNBBS Kecamatan Balikbukit, Wisata Agro Kampung Kopi Pekon Rigisjaya Kecamatan Airhitam. 

Kemudian, wisata air terjun Pekon Tambakjaya Kecamatan Waytenong, wisata Gunungpesagi dan Budaya Pekon Hujung Kecamatan Belalau, wisata alam Bukit Bawang Kecamatan Batubrak, wisata Kebun Raya Liwa, wisata Geotermal Kawah Keramikan, Nirwana dan Danau Lebar Kecamatan Suoh, Wisata Danau Asam Kecamatan Bandarnegeri Suoh, dan Gunungseminung Pekon Kagungan Kecamatan Lumbokseminung.

Masih kata dia, objek pariwisata di Kabupaten Lambar telah dikenal oleh masyarakat dan objek wisata mayoritas wisata alam. 

“Kita (Disporapar) terus melakukan upaya upaya promosi Lambar dalam rangka meningkatkan promosi pariwisata di Kabupaten Lambar, dan ini terbukti dengan banyak jumlah pengunjung wisatawan yang datang ke Lampung Barat,” pungkas dia. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait