Dari Hobi Pelihara Burung, Sarbi Raup Cuan Hingga Jutaan

Jumat 11-03-2022,19:00 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Hobi yang membawa untung lumayan besar, itulah yang dialami Sarbi pria setengah baya warga Pemangku Sukajaya, Pekon Sukajadi, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat.

Bagaimana tidak karena memiliki hobi memelihara burung, sejak enam tahun ini dia mengembangkan kegemarannya tersebut dengan peternak atau penangkaran burung jenis Murai Batu dan Kacer. 

Diketahui, harga jual dua jenis burung tersebut untuk masyarakat pecinta burung ekonomi menengah ke bawah lumayan tinggi hingga jutaan rupiah. 

Bahkan berkat usaha penangkarannya tersebut Sarbi turut diundang untuk pamerkan beberapa ternak burungnya di Penilaian Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP) tingkat Kabupaten Lambar beberapa hari lalu. 

Disampaikan Sarbi, sudah banyak burung di penangkarannya yang laku terjual seperti untuk jenis trotol atau tertinggi dengan trah juara laku dijual antara Rp2 juta sampai Rp3 juta, sementara untuk jenis mandiri Rp1,5 juta.

"Alhamdulilah mas, banyak pecinta burung sudah ngambil di penangkaran saya dengan harga yang variasi sesuai dengan kondisi burungnya," kata dia.

Harbi mengakui salah satu niatnya membuat penangkaran burung jenis Murai Batu dan Kacer selain hobi dan menguntungkan juga upaya melestarikan habitat burung jenis tersebut yang semakin langka karena diburu manusia. 

"Untuk mencari di alam bebas burung seperti Murai Batu ini sudah sangat sulit karena itu dengan penangkaran ini juga upaya menjaga dari kepunahannya," imbuhnya.(r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait