Dana BTT di Lambar Terpakai Rp23,3 Miliar

Selasa 13-10-2020,18:14 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Pemkab Lambar menganggarkan dana belanja tak terduga (BTT) sebesar Rp29 miliar lebih setelah dilakukan refocusing dampak adanya Coronavirus Disease (Covid-19).

Dari jumlah dana sebesar Rp29 miliar lebih itu hingga, Selasa (13/10) telah terpakai sebesar Rp23,3 miliar lebih sehingga saat ini tinggal Rp6,4 miliar lebih lagi di kas daerah.

“Setelah dilakukan penyesuaian anggaran, untuk pos dana belanja tidak terduga dianggarkan sebesar Rp29 miliar lebih dan hingga hari ini telah terealisasi Rp23,3 miliar lebih yang terdiri dari bencana alam dan pencegahan dan penanganan Covid-19,” ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Drs. Daman Nasir, M.P, Selasa (13/10).

Realisasi BTT sebesar Rp23,3 miliar lebih itu, lanjut Daman, digunakan untuk bencana alam antara lain perbaikan badan dan bahu jalan serta pemasangan bronjong di Pekon Atarkuwau Kecamatan Batuketulis, perbaikan bahu dan badan jalan di lingkungan lingkar Simpang Serdang Kecamatan Balikbukit, perbaikan gorong gorong di Pekon Mekarjaya Kecamatan Gedungsurian, perbaikan satu unit jembatan di Pekon Puramekar Kecamatan Gedungsurian, pembuatan turap di Kecamatan Pagardewa. 

Sedangkan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, antara lain penanganan PMKS kelompok tuna sosial dan lansia (Dinas Sosial), bantuan pangan untuk masyarakat kurang mampu, bantuan dan penanganan kejadian bencana (BPBD). 

Kemudian, peningkatan kesiapsiagaan penanganan virus (RSUD Alimuddin Umar), peningkatan Surveilans Epidemiologi (Dinas Kesehatan), nutrisi ibu hamil dan balita (Dinas Kesehatan), serta penambahan belanja kesiapsiagaan penanganan Covid-29 (RSUD Alimuddin Umar) dan pengawasan dan penertiban protokol kesehatan pencegahan Covid-19 serta persiapan dalam rangka new normal (Satpol PP). 

”Untuk dana belanja tidak terduga yang dianggarkan pemerintah daerah tidak harus habis semuanya namun disesuaikan dengan kebutuhan. Sepanjang ada usulan yang masuk dan memenuhi syarat maka kita siap untuk mencairkan,” pungkas dia. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait