Capaian Akseptor KB di Lambar 8.217 Orang

Rabu 25-08-2021,16:37 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) menargetkan jumlah akseptor KB tahun ini sebanyak 18.225 orang

“Dari target Akseptor sebanyak 18.225 orang tersebut, hingga bulan Juli telah terealisasi 8.217 orang,” kata Kabid KB dan KS Heli Puspitawati, S.E., mendampingi Kepala DP2KBP3A Lambar M Henry Faisal, S.H, M.H, Kamis (25/8)

Dijelaskannya, capaian akseptor sebanyak 8.217 orang itu, rinciannya IUD sebanyak 106 orang, MOW 59 orang, kondom 120 orang , implant 844 orang, suntik 5.035 orang dan pil 2.053 orang. 

“Khusus untuk MOP targetnya dua orang namun hingga kini belum ada realisasinya,” imbuhnya 

Heli optimis target akseptor KB sebanyak 18.225 orang itu akan terealisasi sebelum akhir tahun 2021. Hal itu mengingat tingginya masyarakat yang ingin ber-KB.

“Kita optimis target tersebut akan tercapai, mengingat masih ada beberapa kegiatan pelayanan yang belum terlaksana, seperti hari kontrasepsi sedunia, hari kesehatan nasional dan hari hari besar lainnya di bulan September-Desember,” tegasnya

Menurut dia, adapun program yang dilaksanakan oleh pihaknya untuk tercapainya target yang ditetapkan, antara lain melaksanakan sosialisasi tentang pelayanan KB gratis bekerjasama dengan PLKB se-Kabupaten Lambar, selain itu pihaknya juga melaksanakan pelayanan keliling di tingkat kecamatan, serta mencari akseptor yang melibatkan kader PPKBD yang ada di tingkat pekon.

Selanjutnya mengoptimalkan fungsi dari Balai Penyuluh KB di tingkat kecamatan, pembantu penyuluh KB dan sub pembantu penyuluh KB dan terus bekerjasama dengan Puskesmas maupun Pustu-Pustu di tingkat pekon. 

”Kami juga akan bekerjasama dengan sejumlah pihak untuk bisa bersama-sama memberikan pelayanan KB gratis kepada masyarakat,“ tutupnya. (lus/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait