Bupati Lambar Resmikan GSG Pekon Gedungsurian

Senin 04-10-2021,18:38 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus meresmikan Gedung Serba Guna (GSG) Pekon Gedungsurian, Kecamatan Gedungsurian yang dibangun melalui Anggaran Dana Desa (ADD). 

Peresmian yang dihelat pada Senin (4/10) berlangsung cukup meriah, karena dibalud juga dengan acara pengajian akbar tahunan, dan vaksinasi Covid-19  kepada 150 orang masyarakat dan penyerahan bantuan pertanian hentrakor melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebanyak 12 unit kepada kelompok tani. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, S.Kom, bersama anggota DPRD Daerah Pilih (Dapil) IV, Sri Nurwijayanti, S.S., Herwan, S.H., dan Johartono, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir. Rusdi, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Sahril, S.Pd, M.M., bersama Camat Gedungsurian M. Agus Setiawan, S.E, M.M., Camat Kebuntebu, Ernawati, S.E., Camat Airhitam. Andy Chahyadi, S.H, M.A., 

Dari pantauan media ini di lapangan, acara diawali dengan bupati melakukan pemotongan pita dan penandatanganan Plakat (nomenklatur) sebagai tanda peresmian gedung bernilai Rp700-an juta tersebut.  

Kemudian, Bupati bersama Ketua DPRD  meninjau kegiatan vaksinasi oleh tim medis Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Gedungsurian. Dan  melihat secara seksama pengoperasian, pelayanan Anjungan Surat Mandiri (ASM) Pekon Gedungsurian, untuk pembuatan surat berbasis digital seperti surat keterangan domisili usaha, permohonan kartu keluarga, dan berbagai jenis surat lainnya sesuai dengan keperluan masyarakat. Yang baru diterapkan di pekon itu. 

Bupati juga menyaksikan pelantikan Badan Kerjasama Antar Pekon (BKAP) Kecamatan Gedungsurian oleh Camat M.Agus Setiawan, S.E, M.M.,  

Dalam sambutannya Parosil berpesan dengan diresmikannya GSG ini pelayanan kepada masyarakat harus baik, pelayanan administrasi harus lebih disiplin dan Sumber Daya Manusia (SDM) harus lebih cerdas.

"Kepada peratin perangkatnya, setelah gedung ini diresmikan manfaatkan sebaik-baiknya karena dana pembangunan ini dari masyarakat, yaitu dari Dana Desa (DD)," tegasnya.

Pihaknya menyebutkan cukup lama di Kabupaten Lambar tidak berkumpul seperti ini karena pandemi Covid-19 yang belum berakhir. 

Namun karena pandemi Covid-19 di Lampung Barat sudah melandai, sehingga dapat melaksanakan kegiatan yang biasa dilakukan sebelum adanya pandemi.

"Situasi pandemi Covid-19 di Indonesia khususnya Kabupaten Lampung Barat mulai mereda, datangnya pandemi merupakan badai besar dan menjadi tantangan berat terhadap masyarakat. Karena itu Pak Bupati mengharapkan dengan adanya pandemi Covid-19 ini dapat menjadi pelajaran untuk kita semua," imbuhnya. 

Menurutnya karena pandemi, kini masyarakat dapat lebih kreatif memunculkan inovasi baru dan berkarya. 

"Di situasi sulit di tengah pandemi Covid-19 ibu-ibu bisa membuat usaha masker dan masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan kosong untuk ditanami tanaman pangan," katanya. 

Oleh sebab itu kepada seluruh masyarakat diimbau untuk segera mengikuti vaksin, yang mungkin itu diselenggarakan dari pihak Pemerintah Daerah, TNI maupun Polri. "Vaksin itu untuk memperkuat imun tubuh, aman dan halal," paparnya.

Dan kepada kelompok tani, Parosil berharap bantuan hand traktor yang diperoleh dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dapat meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (r1n/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait